Forum Wakil Rektor 1 Kopertis VII

0

Pada tanggal 7 April 2016 diadakan seminar Forum Wakil Rektor 1 Kopertis 7 di Ruang Konferensi (RK) 4 UK Petra. Dalam forum ini berkumpul para wakil rektor 1 dari  37 perguruan tinggi swasta di area Kopertis VII. Pada kesempatan pertemuan kali ini, tajuk yang diangkat adalah pengelolaan Jurnal Ilmiah Elektronik.

Sesuai dengan visi dari UK Petra, yaitu a caring and global  university with commitment to Christian values, kegiatan ini menunjukkan sisi caring UK Petra terhadap sesama lembaga pendidikan tinggi di Kopertis VII melalui sharing salah satu dari Best Practices yang sudah diterapkan di UK Petra. UK Petra telah ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) sebagai perguruan tinggi swasta dengan peringkat akreditasi tertinggi Nasional. Pencapaian ini tidak lepas dari tingginya skor kualitas penelitian dan publikasi UK Petra, yang dinilai oleh BAN PT dengan angka 1.7 dari angka tertinggi 4.0. Pengelolaan publikasi ilmiah elektronik dengan best practice akan memungkinkan tercapainya angka yang lebih tinggi di kategori akreditasi ini. Prof. Ir. Rolly Intan, M.A.Sc., Dr. Eng, Rektor UK Petra, dalam sambutan di pembukaan forum ini mengatakan ”Kita punya forum, supaya di dalam forum seperti ini kita ada sharing mengenai best practice dan sebagainya”.

Hadir sebagai pembicara pertama di forum ini adalah Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng. yang memberikan ceramah mengenai 1) Strategi Penerbitan Jurnal Ilmiah Berkualitas dan 2) Pengalaman Mengelola Jurnal ke Arah Jurnal Ilmiah Terakreditasi. Dalam sesinya, Djwantoro menceritakan pengalaman dan perjuangannya dalam mengelola jurnal Civil Engineering Dimension (CED) dari jurnal cetak ilmiah multidisiplin, sampai menjadi jurnal elektronik yang terakreditasi dan mempunyai rekor kurang lebih 1770 kali diminta untuk diunduh tulisan lengkapnya di tahun 2013. Djwantoro mengatakan “Sebagai wakil rektor, kita mendapatkan banyak tugas administratif akan tetapi ingat, profesi kita bukan itu”. Dengan pernyataan itu, Djwantoro memotivasi rekan-rekannya untuk selalu menyediakan waktu dan upaya untuk melakukan penelitian.

Ir. Resmana Lim, M.Eng dari Bidang Data Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UK Petra membawakan materi seminar selanjutnya. Dalam sesi yang berjudul Hosting Electronic Journal and Repository ini, Resmana membagikan kiat untuk men-daring-kan jurnal dan memperkenalkan audiens pada teknik repository untuk publikasi ilmiah. Indikator meningkatnya dampak dari suatu jurnal adalah semakin banyaknya sitasi yang diambil dari jurnal tersebut. Untuk meningkatkan kemungkinan di-sitasi-kannya suatu publikasi ilmiah, yang juga nanti akan membawa pada meningkatnya akreditasi publikasi ilmiah tersebut, maka diperlukan upaya untuk membuat publikasi tersebut tampak dan tersedia tempat yang strategis. Repository adalah tempat penyimpanan publikasi ilmiah yang membuat publikasi ilmiah tersebut bisa diakses orang-orang dari disiplin yang bersangkutan. Resmana membagikan kiat untuk menggunakan repository dari provider eksternal seperti Eprints dan juga melalui membangun sendiri repository seperti contoh repository yang dimiliki UK Petra. Publikasi ilmiah, selain ditempatkan di database mainstream yang dipakai sebagai acuan akreditasi seperti SCOPUS atau Google Scholar, bisa dibuat tersedia di banyak repository untuk meningkatkan kemungkinan pemakaiannya dalam sitasi ilmiah (noel/fsc)

Share.