Kebaktian dan Perayaan Natal 2015

0

Tahun ini, perayaan Natal di Universitas Kristen Petra (UK Petra) bernuansa adat Makassar dengan tema ‘Mangngamaseanga Kaminang Lompoa’ yang artinya Kasih yang melebihi segalanya ini. Rangkaian kegiatan di bawah naungan Pusat Kerohanian UK Petra ingin mengingatkan kembali para sivitas akademika UK Petra akan kasih Tuhan yang begitu besar kepada semua umat manusia. Sejak tahun 2008, tema Natal UK Petra mengambil nuansa etnis yang komunitasnya ada di UK Petra, seperti nuansa etnis Jawa, Tionghoa, Ambon, Toraja, Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, dan Bali. Hal ini menunjukkan bahwa Yesus lahir sebagai juru selamat bagi seluruh suku bangsa.

“Tema ini dipilih hasil dari diskusi bersama panitia dan pembicara. Kami melihat bahwa Natal adalah wujud kasih Tuhan yang sangat besar bagi manusia berdosa. Kasih yang diberikan ini jauh melebihi dan mendahului respon manusia. Maka itu, kasih ini dikatakan kasih yang melebihi segalanya,” urai Samuel Soegiarto, M.Th., selaku Ketua Panitia Natal 2015. Uniknya, Natal tahun ini mengambil ikon kapal sebab digambarkan bahwa Natal merupakan sebuah perjalanan yang harus ditempuh secara bersama – sama untuk berbagi kasih.
Terdapat variasi acara-acara dalam rangkaian Perayaan Natal 2015 ini. Acara-acara yang dijalankan antara lain; opening ceremony Natal (16/11), lomba dekor ruangan(20-30/11), kunjungan kepada mantan pegawai (24/11), syukuran Natal dengan cleaning service (20/11), Natal anak pegawai (28/11), dan acara keakraban pegawai yang diadakan 20 November 2015 di Atrium W. Acara ini berisi lomba plating makanan yang diikuti oleh gabungan staff UK Petra dari berbagai macam Unit dan Biro UK Petra.

Salah satu yang bernuansa lokal adalah ‘Sulawesier Food Festival’ yakni acara keakraban bagi seluruh civitas akademika UK Petra sambil menikmati makanan khas Makassar (coto makassar, sup ubi, sup saudara, mie ujung pandang, es pisang ijo, jajanan makassar, dan minuman markisa). Acara ini diadakan di Atrium W pada tanggal 27 November 2015. Lalu ada acara bakti sosial, yang berbentuk pasar murah bagi warga Siwalankerto. Acara ini diadakan pada tanggal 28 November 2015 di lapangan parkir depan patung torso. Serta ada acara pembinaan pendidikan Kristen bagi guru PAK dan pimpinan sekolah di Makassar. Pembinaan ini dipimpin oleh Prof. Ir. Rolly Intan, M.A.Sc. Dr. Eng, Magdalena Pranata, S.Th., M.Si., D.Min., Bedjo Lie, S.E., M.Div., Th. M., dan Samuel Soegiarto, M. Th. Acara ini bekerjasama dengan STT Jaffray di Makassar, sebagai panitia lokal di Makassar.

Tak kalah menarik, Jumat (4/12) lalu, Auditorium UK Petra dipenuhi oleh civitas akademik, mulai dari Rektor, Wakil Rektor, dosen, pegawai, hingga mahasiswa. Acara ini menghadirkan Dr. Daniel Rhonda yakni Rektor STT Jaffray Makassar sebagai pengkotbah malam itu. Kurang lebih 530 orang hadir dalam Kebaktian dan Perayaan Natal 2015 yang mengusung nuansa Makassar tersebut. “Saya berharap acara ini dan Natal tahun depan dapat menjadi berkat bagi setiap orang yang hadir dan mengikutinya. Biarlah kasih Tuhan yang melebihi segalanya memenuhi hati kita dan menolong kita mengasihi orang lain,” tutup Samuel Soegiarto, M. Th., selaku Ketua Panitia Natal 2015. (fsc/ed1)

Share.