Kerjasama Internasional UK Petra dan Southern Cross University (SCU) Australia

0

Baru-baru ini, UK Petra menjalin kerjasama dengan salah satu universitas luar negeri untuk semakin mendukung internasionalisasi bagi civitas. Pada tanggal  9 November 2015, Universitas Kristen Petra (UKP) mendapat kunjungan dari Southern Cross University (SCU)   Australia dalam rangka penandatanganan surat perjanjian atau MoU (Memorandum of Understanding) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Southern Cross University, Australia. Penandatanganan ini diadakan di Ruang Rapat Universitas (RRU) Lt. 9 dengan menghadirkan Rektor dan Wakil Rektor bidang Akademik, Michael Fay yang merupakan perwakilan dari Southern Cross University (SCU), Kepala BAKP, Kepala LPPM, Dekan dan Kepala Program Studi UK Petra.

Bentuk kerjasama antara dua institusi ini diimplementasikan dalam program pertukaran mahasiswa (student exchange). Program ini memungkinkan mahasiswa UK Petra untuk menempuh Pendidikan di Southern Cross University, Australia dan mahasiswa SCU menempuh Pendidikan di UKP. “Kesempatan ini merupakan peluang besar bagi mahasiswa UK Petra untuk mencicipi bangku kuliah di Australia selama satu semester. Pasalnya, jika mahasiswa UK Petra mengikuti program pertukaran pelajar ini, biaya yang dikenakan sama dengan biaya ketika bersekolah di UK Petra. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi mahasiswa UK Petra yang terpilih, karena biaya kuliah di Australia konon 20 kali lipat lebih mahal dibandingkan di Indonesia,” urai Prof. Ir. Rolly Intan, M.A.Sc., Dr. Eng., selaku Rektor UK Petra.

Untuk tiga tahun berturut-turut, SCU Australia mendapat peringkat nomor satu di Australia dalam mendukung mahasiswa internasional menurut survei International Student Barometer 2015, dan peringkat nomor dua di Australia untuk pengalaman belajar secara keseluruhan. Selain itu, program studi di SCU Australia banyak memiliki kesamaan Program Studi dengan UK Petra sehingga memungkinkan untuk melakukan kerjasama.  MoU antara Southern Cross University Australia dan UK Petra merupakan payung kerjasama dalam bidang pengajaran, pembelajaran  dan penelitian. Sedangkan, MoA merupakan bentuk kerjasama pertukaran pelajar (student exchange) dan study abroad.   Program ini akan dimulai pada tahun ajaran 2016/2017.

Southern Cross University (SCU) Australia memiliki program Keperawatan sehingga memungkinkan untuk bergabung dalam program Community Outreach Program (COP) UK Petra. Dalam program COP, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kepedulian pada masyarakat berdasarkan keahlian dan kemampuan yang dimiliki. “Lebih dari 8700 mahasiswa menempuh Pendidikan di UK Petra. Ini adalah salah satu kekuatan UK Petra untuk bekerja sama dengan universitas lain di luar negeri,” ungkap Rektor UK Petra. (fsc)

Share.