Memperkenalkan Dunia Mesin pada Siswa SMA

0

Petra Mechanical Challenge (PMC) merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Program Studi Teknik Mesin dan Otomotif Universitas Kristen Petra (UK Petra). Rangkaian kegiatan ini adalah rally games sederhana yang menerapkan prinsip dari ilmu Matematika dan Fisika yang telah dipelajari sebagian besar siswa-siswi pada saat mereka menduduki bangku sekolah dan juga mengaplikasikan pengetahuan umum mengenai teknologi dalam dunia Mesin dan Otomotif.  Pada hari Jumat, 11 Maret 2016 diadakan rangkaian acara Petra Mechanical Challenge. Rally games dengan kegiatan yang khas dunia teknik mesin dan otomotif ini dihadiri oleh 8 tim dari 6 SMA dan SMK di Surabaya. Kedelapan tim ini adalah siswa dari SMA Kristen Petra 2 (2 tim),  SMAK St. Louis 1 (2 tim), SMK Petra (2 tim), SMAK St. Maria (1 tim), dan SMAK St. Carolus (1Tim). Peserta tersebut bersaing untuk mendapatkan beasiswa Program Studi Teknik Mesin dan Program Otomotif.

Melalui kegiatan Petra Mechanical Challenge ini, mahasiswa dapat secara langsung membantu peserta lomba dalam menerapkan aplikasi sederhana dari ilmu Matematika, Fisika pada dunia Mesin dan Otomotif secara nyata pada kehidupan sehari – hari dalam bentuk permainan. Selanjutnya, Petra Mechanical Challenge ini sendiri juga merupakan sosialisasi Program Studi Teknik Mesin dan Otomotif Universitas Kristen Petra Surabaya mengenai profil jurusan dan visi misi-nya beserta prospek kedepan. Terdapat dua tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini yakni mahasiswa Program Studi Teknik Mesin dan Program Otomotif Universitas Kristen Petra dapat membagi ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam perkuliahan kepada siswa – siswi SMA dan SMK dengan menjelaskannya pada bentuk permainan dan melatih siswa – siswi SMA dan SMK dalam menerapkan ilmu eksak yang telah dipelajari di sekolah kepada penerapan nyata dalam dunia Mesin – Otomotif.

Rally games PMC tahun ini dibagi menjadi dua babak dan masing-masing babak memiliki 6 games. Permainan ini adalah permainan yang memperkenalkan kegiatan yang dilakukan oleh para pelaku profesi di dunia teknik mesin. Dengan mengikuti permainan ini para peserta akan memiliki pengertian atas penerapan ilmu matematika dan fisika, yang selama ini dipelajari di sekolah. Melaui pengenalan yang lebih baik atas kegiatan-kegiatan di dunia teknik mesin, diharapkan akan menumbuhkan minat pada ilmu Teknik Mesin dan Otomotif.

Pada babak pertama, permainan yang disediakan cenderung bersifat dasar dan pengetahuan umum. Adapun permainannya adalah: 1) Gambar Teknik, 2) Size Counting, 3) Pengetahuan Umum Teknik Mesin dan Otomotif, 4) Safety Riding, 5) Tires Changing, dan 6) Fun Electricity. Di lomba Gambar Teknik dan Size Counting para peserta diperkenalkan dengan cara menggambar teknik menggunakan proyeksi, dan pemakaian alat ukur dalam teknik mesin.

Pada babak kedua, permainan yang diikuti adalah: 1) Gear Puzzle, 2) Love Math, 3) Which One is the Right One, 4) Auto Body Sketch, 5) Tie Me, dan 6) Fuel Identity. Permainan di babak kedua ini lebih khusus dan lebih dalam lagi mengenalkan dunia teknik mesin. Dalam game Gear Puzzle, peserta diminta untuk merangkai satu set gear. Istimewanya, gear yang dipakai dalam game ini terbuat dari bahan acryllic, dan dibuat dengan metode laser cutting. Bahan dan metode ini dipakai untuk menjaga safety pemakai, menghasilkan produk dengan presisi tinggi, dan menghasilkan gear dengan tampilan yang eksklusif. Pembuatan dan perangkaian gear ini adalah salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan oleh profesional teknik mesin. Di Petra Mechanical Challenge 2016 ini, dua tim yang berasal dari SMK Petra Surabaya meraih Juara 1 dan Juara 3. Sedangkan, Juara 2 diraih oleh tim dari SMAK Santa Maria Surabaya. (noel/fsc)

Share.