Pameran COP 2016 : Keep Blessing the Nations

0

Duduk di bangku kuliah selama kurun waktu empat tahun dalam dunia Pendidikan di UK Petra, mahasiswa diberi ruang untuk mengenal dunia lingkungan yang luas dan mengajarkan arti sebuah hidup. Tahun demi tahun silih berganti, UK Petra senantiasa peduli akan kebutuhan mahasiswa untuk memperluas pengetahuan mahasiswa dalam ranah global. Oleh sebab itu, UK Petra kembali menggelar rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yakni Community Outreach Program (COP). Sebagai sarana informasi mengenai COP, LPPM menggelar Pameran dan Pendaftaran COP di Atrium W Gedung Radius Prawiro pada tanggal 19 hingga 30 Oktober. Pameran dan pendaftaran ini didesain bak suasana di desa yakni dengan tataan gubuk yang asri.

‘Community Outreach Program’ (COP) merupakan International Service-Learning Program yang diselenggarakan oleh Lembaga Pusat Pengabdian Masyarakat (LPPM) UK Petra, dimana mahasiswa akan mendapatkan Experiential Learning dengan tinggal bersama masyarakat di desa selama dua hingga tiga minggu untuk bekerja bersama masyarakat dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi masyarakat di desa tersebut. Peserta COP setiap tahunnya rata-rata diikuti oleh sekitar 100 mahasiswa asing yang berasal dari berbagai negara, yaitu Hongkong, China, Belanda, Australia, USA, Korea, Taiwan, Jepang dan mahasiswa Indonesia juga berpartisipasi. Sebagai salah satu mata kuliah Service-Learning, maka bagi mahasiswa yang mengikuti COP akan mendapatkan 3 SKS dan Kredit Poin Pengabdian Masyarakat (Pengmas) sebesar 6 poin.

COP 2016 yang mengangkat tema ‘Keep Blessing the Nations’ merupakan perayaan 20 tahun COP, dimana pada tahun 2016 akan diadakan COP di dua lokasi, yaitu Mojokerto dan Kupang. COP Mojokerto akan diadakan pada tanggal 10 Juli – 4 Agustus 2016 dan COP Kupang akan diadakan pada tanggal 20 Juli – 4 Agustus 2016. Syarat mengikuti kegiatan ini adalah mahasiswa yang minimum berada di semester 3 atau sudah menempuh minimum 80 SKS pada akhir semester 4.

“Tahun ini diperkirakan ada dua tambahan institusi dari Hong Kong dan Macau yang akan bergabung di kegiatan COP. Selain itu, saat ini masih dalam perencanaan dan penggodokan bahwa COP di tahun-tahun berikutnya akan diselenggarakan di negara lain, bukan hanya berlokasi di Indonesia saja,” urai Herry Christian Palit, ST., MT., selaku kepala Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) UK Petra.

Istimewanya, kegiatan pameran COP ini mengundang antusiasme mahasiswa karena terdapat narasumber dalam COP Talk Show (30/10) yang berasal dari Jepang yakni Azumi Naruse.  Azumi Naruse adalah alumni COP 2013, mahasiswa yang berasal dari International Christian University, Tokyo, Japan. “Saya sangat senang dan beruntung bisa bergabung menjadi keluarga COP di UK Petra. Saya sangat senang bisa berinteraksi dengan masyarakat desa, orangnya sangat ramah dan baik sekali. Di COP, saya banyak belajar mengenai arti kehidupan sesungguhnya, bagaimana saling menghargai satu sama lain,” ungkap Azumi dengan terbata-bata berbicara bahasa Indonesia.

Uniknya, dalam kegiatan pameran COP, terdapat pula lomba desain kaos COP dan lomba membuat proposal proyek COP. Hal ini bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa dan mewadahi kreativitas mahasiswa UK Petra. (fsc)

Share.