Persembahan UK Petra dalam HUT Surabaya

0

Surabaya Memory adalah sebuah inisiatif yang didedikasikan bagi perekaman dan pelestarian pusaka kota Surabaya. Diluncurkan pada hari jadi kota Surabaya ke-708 tahun 2001, Surabaya Memory bertujuan menumbuhkan kepedulian masyarakat akan pelestarian pusaka kota Surabaya melalui media online dan media fisik (onsite). Menumbuhkan kesadaran akan pusaka melalui media fisik dilakukan dalam berbagai pameran dan kegiatan yang dirancang secara khusus dan bekerjasama dengan berbagai pihak sehingga dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat. Selama ini Surabaya Memory secara konsisten melakukan pameran dan kegiatan di berbagai mall di Surabaya pada event ulang tahun Kota Surabaya yang berlangsung pada bulan Mei.

Sebagai bentuk persembahan untuk kota tercinta, Perpustakaan Universitas Kristen Petra (UK Petra) menggelar Surabaya Memory selama lima hari berturut-turut tepatnya pada tanggal 4-8 Mei 2016 di Grand City Mall Surabaya, Jalan Gubeng Pojok-Surabaya. Selama lima hari berturut-turut dimeriahkan juga dengan berbagai kegiatan diantaranya Sosialisasi Makanan Tradisional yang Sehat dengan Game Board JELITRA mulai pukul 13.00-14.45 WIB (4/5), Talk show Memaknai Hidup mulai pukul 15.00-17.00 WIB (4/5). Di hari kedua (5/5), Workshop Membuat Alat Peraga Edukatif (topeng fabel) dimulai pada pukul 13.00-15.00 WIB, dan demo make up. Selain itu, rangkaian Surabaya Memory 2016 adalah Lomba menulis “Surat untuk Ibu”. Peserta dibagi dalam kategori dari SD, SMP, SMA. Setiap peserta mengirim satu surat maksimal 450 kata, dan tiap kategori yang menang telah mendapat piala dan uang tunai.

Terinspirasi perjuangan Kartini sebagai pelopor untuk suatu kemajuan peran perempuan terutama di Indonesia, maka Surabaya Memory 2016 kali ini mengangkat tema “Perempuan Surabaya: Jejak Karyanya bagi Keluarga dan Masyarakat”. Acara akan diawali dengan pameran Surabaya Memory dengan menampilkan kurang lebih 60 karya foto Surabaya Tempo Dulu serta Potret Kebangkitan Bangsa, Foto tokoh Perempuan masa lalu dan masa kini, karya seni berupa lukisan oleh seniman perempuan Surabaya, poster makanan tradisional, karya puisi tentang perempuan, dan karya dosen beserta mahasiswa UK Petra dari Program Studi Arsitektur, Desain Komunikasi Visual (DKV), Desain Interior, Ilmu Komunikasi.

Acara Opening Surabaya Memory 2016 menampilkan beragam kesenian khas Surabaya dengan kreasi kekinian, persembahan SMKN 12 Surabaya, yaitu Teater Tradisional dengan judul Dewi Sangkrah dan Gamelan Gaul. Tak lupa, tarian Remo akan dipersembahkan oleh Komunitas Remo Anak-anak dan ada pula performance dari siswa-siswi sekolah di Surabaya. Sedangkan closing dimeriahkan oleh Group Band Siswa SMP serta performance para peraih Juara 1 dari lomba yang diadakan dalam rangka Surabaya Memory 2016 ini (aj/fsc)

Share.