Semarak ‘Eureka’ dalam Industrial Competition 2015

0

Generasi muda memiliki peranan penting dalam memajukan negara Indonesia sebagai penerus bangsa yang diharapkan dapat mengerti dan menguasi sektor industri Indonesia sehingga dapat meningkatkan aspek inovasi yang mampu bersaing secara global.  Hal ini menggerakkan Program Studi (Prodi) Teknik Industri Universitas Kristen Petra mengenalkan dunia industri kepada siswa-siswi SMA dengan menyelenggarakan kegiatan tahunan yaitu ‘Industrial Competition’ 2015 (IC 2015). Tahun ini, IC 2015 mengangkat tema ‘Eureka’, Eureka berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti menemukan. Tema ini diangkat dengan tujuan siswa-siswi SMA dapat menemukan sesuatu yang baru berkaitan dengan dunia industri.

‘Industrial Competition’ diselenggarakan pada tanggal 4 November – 6 November 2015 di UK Petra. IC 2015 bertujuan untuk  memperkenalkan dunia industri kepada siswa-siwi SMA, memperkenalkan Program Studi Teknik Industri di Universitas Kristen Petra kepada siswa-siswi SMA dan masyarakat Indonesia, dan dapat meningkatkan minat siswa-siwi SMA terhadap dunia perindustrian. IC 2015 dirangkai dalam bentuk rally games, simulation, dan case study. Terdapat 117 kelompok dari SMA se-Jawa Timur yang bersaing di kompetisi ini, dan satu kelompok terdiri dari empat orang.

Babak pertama ‘Industrial Competition’ adalah rally games yang
disajikan dengan konsep fun and logic sehingga siswa SMA dapat mengasah kemampuan analisa dengan cermat. Setiap kelompok akan berlomba untuk mengumpulkan poin melalui games yang tersedia dalam tiap pos. Babak kedua adalah simulasi industri dimana sebuah kelompok akan berlomba untuk memaksimalkan keuntungan berdasarkan harga jual, biaya produksi, harga bahan baku, dan perubahan kondisi yang terjadi di pasar. Hal ini memungkinkan siswa berpikir untuk melakukan transaksi jual beli dengan menghasilkan keuntungan namun dengan mempertimbangkan waktu dan tenaga kerja secara efisien. Babak ketiga adalah studi kasus dimana peserta dibawa melakukan kunjungan ke industri manufaktur dan dihadapkan oleh permasalahan nyata yang terjadi di sektor tersebut. Peserta ditantang untuk berpikir kreatif dan mencari solusi yang akan dituangkan dalam bentuk presentasi.  “Kami tidak ada persiapan khusus dalam perlombaan ini. Sekolah kami mengirimkan empat kelompok, dan hanya kelompok kami yang berhasil masuk dalam babak kedua. Pembagian tugas pun kami lakukan on the spot. Kami sangat antusias mengikuti kompetisi ini dan semoga kami bisa menang,” ungkap Hendrawan dari SPINS International School Surabaya. Juara I berhasil diraih oleh SPINS International School Surabaya, Juara II diraih oleh SMA St. Louis 1 dan Juara III diraih oleh SMA Kristen Petra 2. (fsc)

Share.