UK Petra Membuka Program Studi PGSD

0

Sebagai universitas yang peduli dan global berkomitmen pada nilai-nilai Kristiani, UK Petra terus berkontribusi terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Salah satu bentuk nyata kontribusi bagi pendidikan adalah dibukanya Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Prodi PGSD) yang  penerimaan mahasiswa baru akan dimulai pada tahun 2016. Hal ini didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 396/A4/HK/2015 Nomor 47/KPT/I/2015 tertanggal 15 September 2015.

“UK Petra tergerak untuk senantiasa memajukan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan menciptakan kompetensi dalam diri mahasiswa agar nantinya mampu menjadi seorang guru yang kredibel, berintegritas dan memiliki Iman,” urai Rektor UK Petra, Prof. Ir. Rolly Intan M.A.Sc., Dr.Eng. Rolly menambahkan bahwa UK Petra telah mendapatkan rekomendasi dari Kemenristekdikti untuk pembukaan Program Studi Pendidikan Guru PAUD (PG-PAUD) jenjang S1, Program Studi Magister Teknik Industri jenjang S2, dan Program Studi Doktor Teknik Sipil jenjang S3 yang sedang diproses untuk mendapatkan ijin operasional.

Kehadiran Prodi PGSD diharapkan dapat memenuhi kebutuhan guru di Indonesia, bukan saja kuantitas tapi juga kualitas. Manakala kebutuhan guru di Indonesia yang semakin banyak seiring dengan bertambahnya jumlah sekolah Kristen di Indonesia, maka UK Petra berinisiatif untuk menumbuhkembangkan bibit seorang guru atau pengajar Kristen. Program Studi PGSD mempersiapkan guru-guru yang memiliki Christian Values dan kredibilitas dalam hal kompetensi keilmuan maupun pedagogi. Program-program didesain secara khusus untuk membentuk nilai, kredibilitas dan keilmuan mahasiswa. Untuk menjawab tantangan global, mahasiswa juga akan diberikan pengalaman berbahasa asing dan mengikuti program internasional.

Terkait operasional Prodi PGSD, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng. menyampaikan kesiapan internal untuk dimulai pada tahun ajaran 2016/2017. “Tenaga pengajar dan fasilitas untuk calon mahasiswa PGSD telah disiapkan. UK Petra telah menyiapkan Dosen untuk mengajar di Prodi PGSD ini dengan syarat minimal bergelar S2. Rencananya, Prodi PGSD akan menempati gedung baru, P1 dan P2,” jelas Dosen Teknik Sipil ini. Dengan demikian, Universitas telah menunjukan kesiapan dari segi tata kelola, sumber daya, dan fasilitas untuk program studi baru.

Menutup wawancara, Rektor dan Wakil Rektor bidang Akademik menekankan untuk prodi-prodi baru agar menyokong prestasi dan riset. Terkait hal ini, Wakil Rektor bidang Akademik menyampaikan bahwa UK Petra masuk sebagai peringkat delapan dari kualitas manajemen menurut Kemenristekdikti. Rektor pun menyampaikan bahwa “UK Petra masuk dalam urutan ke 15 dari perguruan tinggi (PT) terbaik di Indonesia. Urutan pertama sampai 14 adalah perguruan tinggi negeri, sementara UK Petra adalah satu-satunya perguruan tinggi swasta yang bisa masuk dalam 15 besar. Apalagi, Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi dari Dikti menunjukan prestasi UK Petra yang meningkat dari klaster Madya ke Klaster Utama.” Dengan demikian, prodi-prodi baru juga harus ikut berkontribusi dalam menjaga dan meningkatkan kualitas yang telah dicapai ini. (fsc/ed1)

Share.