SHARE

Rangkaian kampanye sosial “Semampir M.A.I.N.” berhasil meraih penghargaan Silver pada ajang Pinasthika Creative Festival kategori Bawana Advertising – Mix Media – Social Movement Campaign. Pinasthika Creative Festival adalah salah satu event perayaan kreativitas lintas industri terbesar di Indonesia, yang diselenggarakan oleh P3I (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia) Yogyakarta serta PT BP Kedaulatan Rakyat. Tahun ini Pinasthika XIX dilaksanakan dengan tema Creativolution pada 26-28 November 2021.

“Semampir M.A.I.N.”, merupakan karya hasil kolaborasi dari 19 mahasiswa dan empat dosen pada mata kuliah Media Komunikasi Visual Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen Petra (UK Petra), LPPM UK Petra, serta Yayasan Gugah Nurani Indonesia. “Semampir M.A.I.N.” adalah kampanye sosial kreatif bagi Kampung Tangguh  pada lima Kelurahan di Kecamatan Semampir, Surabaya. Karya ini awalnya merupakan kegiatan service learning pada mata kuliah Media Komunikasi Visual yang akhirnya berpartisipasi dalam ajang nasional.

“Pada masa pandemi, prodi DKV dan LPPM UK Petra berkesempatan untuk bekerjasama dengan Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI) CDP Surabaya dalam mendukung Gerakan Kampung Tangguh yang diadakan di lima Kelurahan di Kecamatan Semampir, yaitu Kel. Wonokusumo, Kel. Ujung, Kel. Ampel, Kel. Pegirian, dan Kel. Sidotopo,” ujar Vanessa Yusuf, S.Ds., M.Ds., Dosen DKV UK Petra.

Kata M.A.I.N sendiri merupakan akronim dari Maskeran, Ambil jaraknya, Ingat cuci tangan, dan Nyaman semuanya. Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi tentang pentingnya protokol kesehatan di Kecamatan Semampir Surabaya untuk diaplikasikan pada seluruh aspek kehidupan dalam menghadapi new normal baik mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sehingga dalam pembuatan desain, ada media yang ditujukan untuk anak-anak, remaja, bapak-bapak, ibu-ibu, yang juga disesuaikan dengan karakteristik masing-masing kelurahan berdasarkan hasil riset.

“Seluruh rangkaian media dibuat agar interaktif, terintegrasi, dan menyesuaikan dengan masing-masing kelurahan. Sehingga terdapat lima rangkain desain media kreatif yang unik dan berbeda untuk masing-masing kelurahan, diantaranya yaitu  unconventional spanduk, printed mural, game lantai (paving mural), taplak meja, stiker, brosur interaktif, kaos, jingle, serta video musik. Seluruh media kreatif telah direalisasikan, dinikmati oleh warga Kecamatan Semampir, dan di launching pada akhir Maret 2021,” imbuh Vanessa. (rut/Aj)

Facebook Comments