SHARE

Business Accounting (BAcc) Universitas Kristen Petra (UK Petra) saat ini telah terdaftar dalam Internal Audit Academic Awareness Program yang digelar oleh Institute of Internal Auditors (IIA). IIA merupakan organisasi yang sudah dikenal secara global dalam melaksanakan advokasi, pelatihan, dan sertifikasi bagi para internal auditor. Saat ini UK Petra menjadi Perguruan Tinggi Swasta pertama yang tergabung dalam Internal Audit Academic Awareness Program (IAAP).

IAAP dibuat untuk mengakui berbagai tingkat komitmen dan upaya yang dilakukan universitas untuk memberikan informasi dan keahlian yang diperlukan kepada para mahasiswa untuk memilih jalur karir audit internal. “IAAP mengakui Universitas yang memiliki mata kuliah audit internal sebagai course yang berdiri sendiri. Kami di Business Accounting UK Petra memiliki tiga mata kuliah yang ditawarkan berkaitan dengan audit internal, yaitu Audit Internal, Audit Sistem Informasi, dan Business Ethics and Crime,” ungkap Hendri Kwistianus, S.E., M.M., CMA., selaku Ketua Program Business Accounting UK Petra.   

Sebelumnya, BAcc telah mengikuti sosialisasi dari IIA Indonesia terkait tahapan dan langkah-langkah mendaftar IAAP. Kemudian, mengirimkan silabus dari tiga mata kuliah audit internal serta curriculum vitae dosen-dosen. Dengan bergabungnya BAcc UK Petra dalam IAAP tentunya memberikan berbagai keuntungan, selain sebagai branding internasional bagi UK Petra, kompetensi dosen yang memiliki keahlian audit internal juga meningkat. 

Tidak hanya itu, dengan bergabungnya BAcc UK Petra dalam IAAP, dapat mempermudah para mahasiswa untuk mendapatkan sertifikasi internasional. Dalam IAAP, nantinya BAcc berkesempatan untuk bekerja sama dengan IIA untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan, serta akan dilaksanakannya review kurikulum setiap tahun. Kedepannya BAcc UK Petra akan menjajaki lebih lanjut, ada dua jalur yaitu partnership dan sertifikasi. 

“Harapan kami, dengan bergabungnya UK Petra dalam IAAP, dapat meningkatkan daya saing, sehingga branding Accounting UK Petra unggul. Kedepannya kami berharap mindset masyarakat akan terbentuk, sehingga Accounting UK Petra dapat menjadi  top of mind masyarakat,” imbuh henry. (rut/Aj)

Facebook Comments