Siap Kawal UK Petra Menuju World Class Christian University

Kandidat Wakil Rektor Bidang Akademik; Administrasi Umum dan Keuangan UK Petra periode 2017-2021: Dr. Dra. Gan Shu San, M.Sc.

583
0
SHARE

Dorongan untuk melayani di Universitas Kristen Petra (UK Petra) mengalahkan kegentaran Dr. Dra. Gan Shu San, M.Sc. untuk menjadi kandidat Wakil Rektor Bidang Akademik; Administrasi Umum dan Keuangan UK Petra periode 2017-2021. “Melayani tidak berarti kita melakukan apa yang kita suka, tetapi melakukan apa yang Tuhan kehendaki,” ungkap dosen yang kerap disapa Shusan ini. Bagi Dekan Fakultas Teknologi Industri UK Petra ini, kondisi ideal di bidang akademik adalah bila semua program studi UK Petra dikenal berkualitas baik, terakreditasi nasional dengan nilai A dan beberapa terakreditasi internasional, serta menghasilkan karya yang berdampak. Sedangkan kondisi ideal dalam bidang administrasi umum dan keuangan adalah pegawai yang capable dan mencintai UK Petra, memiliki Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang handal, serta memiliki tata kelola yang akuntabel, transparan, efisien, dan sustainable.

Pada 100 hari pertama bekerja, Shusan akan melakukan evaluasi kondisi sekarang bersama dekan dan unit pendukung di bawah koordinasi Wakil Rektor terkait, kemudian membuat rencana kegiatan sesuai program kerja yang telah ditetapkan.  Di bidang akademik, program kerja 100 hari pertamanya akan difokuskan pada sistem pembelajaran yang inovatif, dimana akan dilakukan lokakarya pedagogi untuk dosen. Selain itu, juga akan dilakukan penjajakan akreditasi internasional untuk beberapa program studi (prodi) yang siap. Untuk bidang administrasi umum dan keuangan, akan berfokus pada pengembangan SDM dimana akan dilakukan analisa SDM untuk semua persona kependidikan.

Visi Rektor yang menjadikan UK Petra sebagai “World Class Christian University”, maka program kerja yang akan dilakukan di Bidang Akademik yaitu (1) Program Excellent Learning & Teaching dalam rangka mewujudkan sistem pembelajaran yang inovatif, “Hal ini bisa dilakukan dengan cara penyesuaian kurikulum sesuai perkembangan, meningkatkan kompetensi mengajar dosen dalam menghadapi generasi milenial dan perubahan teknologi pembelajaran, serta peningkatan kemampuan belajar mahasiswa dengan memanfaatkan teknologi informasi,” urai dosen kelahiran Malang ini, (2) Penerapan integrasi iman dan ilmu dalam rangka pendidikan manusia seutuhnya, (3) Peningkatan intensitas exposure prodi dan kepakaran dosen melalui kegiatan ilmiah di tingkat regional, nasional dan internasional, (4) Pembukaan prodi atau program yang dapat menjawab tantangan era disruptif, (5) Peningkatan penelitian dan abdimas melalui hibah eksternal dari Dikti maupun hibah luar negeri, serta peningkatan link and match dengan masyarakat, (6) Peningkatan kualitas input, yang dilakukan dengan perbaikan sistem rekrutmen dan perluasan jangkauan rekrutmen mahasiswa hingga ke luar negeri, baik program bergelar maupun program pendek, (7) Mempertahankan Akreditasi Perguruan Tinggi dan Prodi, dan mengupayakan pencapaian Akreditasi Internasional yang dilakukan secara bertahap, (8) Peningkatan kerjasama baik dalam negeri maupun luar negeri, dalam rangka meningkatkan international exposure baik untuk dosen maupun mahasiswa, (9) Peningkatan prestasi dosen melalui seleksi internal, pembinaan, dan fasilitasi.

Sedangkan untuk program kerja di Bidang Administrasi Umum dan Keuangan adalah (1) Pengembangan sumber daya manusia, khususnya persona kependidikan, melalui analisa jabatan, perencanaan SDM, pengembangan dan pembinaan, performance appraisal, serta remunerasi (2) Peningkatan kesejahteraan pegawai yang diimbangi dengan perbaikan kinerja, agar dapat memberikan penghargaan untuk pegawai yang berkontribusi secara signifikan bagi kemajuan UK Petra (3) Peningkatan akuntabilitas dan transparansi dalam tata kelola universitas, meliputi pengelolaan keuangan, manajemen aset, kebijakan sarana dan prasarana, serta pengamanan kampus, (4)  Peningkatan layanan administrasi yang lebih cepat, akurat dan akuntabel, (5) Pembukaan unit bisnis yang layanannya berfokus pada kepakaran dosen, seperti pelatihan, konsultasi, dan kerjasama penelitian untuk penyelesaian masalah industri, (6) Sistem Informasi Manajemen yang handal dan mendukung Decision Support System, (7) Program Green University dalam rangka peningkatan efisiensi dan keberlanjutan, meliputi efisiensi energi, efisiensi sumber daya alam, penggunaan sumber energi alternatif, dan pemeliharaan lingkungan. “Untuk periode 2017-2021 ini, saya berharap UK Petra bisa semakin maju, berdampak bagi masyarakat, mendapat pengakuan nasional dan internasional, serta menjadi saksi bagi kemuliaan Tuhan,” ungkap Dosen Program Studi Teknik Mesin UK Petra ini. (rut/padi)

Facebook Comments