Universitas yang Menjadi Berkat

Kandidat Wakil Rektor Bidang Akademik periode 2017-2021: Dr. Dra. Jenny Mochtar, M.A.

686
0
SHARE

Universitas Kristen Petra (UK Petra) menjadi universitas yang dapat menjadi berkat bagi masyarakat di sekitarnya dan perguruan tinggi lainnya merupakan harapan yang dimiliki Dr. Dra. Jenny Mochtar, M.A., kandidat Wakil Rektor Bidang Akademik periode 2017-2021.

Jenny membagikan empat pokok program kerja yang direncanakannya untuk pengembangan di bidang akademik yaitu (1) Mengembangkan sistem data untuk kepentingan akreditasi nasional dan internasional sehingga proses persiapan akreditasi program studi (prodi) dan institusi dapat dipersingkat. “Jadi data untuk kepentingan akreditasi akan diisikan setiap akhir tahun akademik untuk dapat kemudian dipantau dan dievaluasi secara berkala agar mampu mengidentifikasi di bagian mana kinerja prodi dan universitas dapat ditingkatkan”, urai Kepala Lembaga Penjaminan Mutu UK Petra periode 2009-2017, (2) Meningkatkan jumlah dosen yang melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Caranya dengan menggiatkan pusat-pusat studi sehingga dapat mendongkrak jumlah penelitian, yang kemudian meningkatkan pemerolehan hibah dari pemerintah dan industri. Meningkatnya jumlah penelitian mengakibatkan bertambahnya penerbitan dalam jurnal nasional terakreditasi dan internasional terindeks Scopus, yang diharapkan berdampak menaikkan pemeringkatan dalam bidang penelitian dan publikasi versi Kemenristekdikti kembali menjadi 15, seperti yang pernah dicapai UK Petra pada tahun 2015, atau bahkan ranking yang lebih tinggi, (3) Mengintegrasikan sistem pencatatan Indikator Kinerja Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (IKP2M) dengan penghitungan Angka Kredit Dosen untuk jabatan akademik dosen. “Dengan adanya sistem yang terintegrasi antara IKP2M dan penghitungan Angka Kredit Dosen, maka jumlah dosen yang memperoleh jabatan akademik diharapkan dapat meningkat”, rinci dosen yang bergabung di UK Petra sejak 1 Juli 1985, (4) Mendirikan Pusat Pembelajaran untuk mengembangkan materi-materi pembelajaran yang inovatif dan metode-metode pengajaran yang interaktif. Tantangan untuk dosen-dosen saat ini adalah bagaimana menarik minat mahasiswa dari generasi digital untuk belajar di kelas. Keberadaan pusat pembelajaran ini untuk menjawab tantangan tersebut.

Dari program kerja yang ada, diharapkan bidang akademik UK Petra memiliki sistem data yang terintegrasi, memiliki minimal satu program studi yang sudah terakreditasi internasional, seluruh program studi sudah terakreditasi A, semua dosen sudah memiliki jabatan akademik, setiap program studi memiliki satu guru besar, dan setiap dosen dapat melakukan tridarma secara seimbang. Dengan pengembangan ini, cita-cita menjadi universitas yang menjadi berkat bagi masyarakat dan perguruan tinggi lainnya adalah hal yang sangat mungkin dicapai. Mengenai pencapaian cita-cita ini, Jenny membagikan ayat Firman Tuhan yang menjadi pedoman dalam berkarya, yaitu Roma 11:36, “Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!”. (noel/Aj)

Facebook Comments