SHARE

Suasana khidmat sangat terasa di lapangan upacara Universitas Kristen (UK) Petra pada 17 Agustus 2018. Seluruh mahasiswa baru dan para staff UK Petra terlihat berjajar rapi saat mengikuti upacara bendera dalam rangka perayaan kemerdekaan Indonesia yang ke 73.

Dari awal hingga akhir upacara berjalan lancar, cuaca yang cerah saat pengibaran bendera serta peserta upacara yang khidmat dan atentif. Ada hal berbeda di upacara tahun ini, staff UK Petra hadir dengan berpakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Terlihat pakaian adat Jawa, Sumatera, Nusa Tenggara dan lain sebagainya. Hal ini sesuai dengan motto yang dipegang bangsa Indonesia tentang persatuan dalam perbedaan, yakni Bhineka Tunggal Ika.

‘Kerja Kita, Prestasi Bangsa’ merupakan tema yang digunakan dalam perayaan Hari Ulangtahun Tahun (HUT) RI ke 73 ini. Tema tersebut dipilih untuk mendorong potensi-potensi bangsa Indonesia untuk terus menciptakan prestasi-prestasi dalam kancah internasional. Hal ini dikarenakan bangsa Indonesia masih menghadapi banyak sekali tantangan, diantaranya adalah pemberantasan korupsi, peningkatan daya saing dan revolusi industri 4.0.

Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng selaku rektor, hadir memakai baju adat Nusa Tenggara Timur, memberikan amanatnya “Dalam peringatan HUT ke-73 kemerdekaan Republik Indonesia, marilah kita terus bekerja untuk membangun riset, teknologi, dan pendidikan tinggi serta menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan untuk memperkuat rasa bangga dan keyakinan kita pada Indonesia. Teruslah bekerja, teruslah berinovasi, teruslah berprestasi. Kerja Kita, Prestasi Bangsa.”

Prosesi upacara juga dimeriahkan dengan pemberian hadiah untuk peserta upacara yang memakai baju adat atau kostum terbaik. Pemenang tersebut adalah: Soetrisno dari Perpustakaan; Dr. Drs. Ribut Basuki,M.A dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat; Drs. Saptana Hadi dari Biro Administrasi Akademik; Dra. Supit Bahlavawakti dari Biro Administrasi Keuangan; Dian Wulandari, S.IIP dari Perpustakaan; Tiorlina Sitompul, S.S. dari sekretariat rektorat; serta Dr. Andrian Dektisa Hagijanto, S,sn., Msi dari Fakultas Seni dan Desain. Sebagai bentuk apresiasi, para pemenang mendapatkan hadiah dari Prof. Djwantoro.

Menambah kemeriahan upacara 17 Agustus 2018 di UK Petra ini, para staf dan mahasiswa menari bersama diiringi lagu Ga Mu Fa Mi Re atau Goyang Maumere. Tari bersama tersebut dipimpin oleh beberapa mahasiswa baru yang diikuti seluruh peserta upacara. Kemeriahan tari bersama tersebut menjadi penutup prosesi upacara di UK Petra tahun ini.  Diharapkan, melalui upacara bendera ini, seluruh peserta akan semakin termotivasi dalam menciptakan inovasi dan menghargai keberagaman Indonesia yang sangat kaya. (vka/dit)

 

 

 

Facebook Comments