SHARE

Program Studi (Prodi) Teknik Mesin UK Petra didirikan sebagai bentuk komitmen universitas untuk mendukung perkembangan industri di Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 1982 program studi ini sudah menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas.  Prodi ini sudah meraih status akreditasi A pada tahun 1998. Akreditasi A ini tetap dipertahankan hingga saat ini

Sejalan dengan komitmen di atas, tujuan pendidikan di prodi ini adalah untuk menghasilkan desainer-desainer di bidang mekanika yang unggul, berintegritas, peduli terhadap lingkungan dan dapat berperan serta dalam mengembangkan industri nasional untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Kurikulum yang dipakai dalam pendidikan di prodi ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan diakui secara internasional serta memiliki kepedulian terhadap lingkungannya.

Haluan dan kualitas rancangan pendidikan di prodi ini bisa dilihat dampaknya pada pengembangan daya saing Indonesia. Tolok ukur untuk hal ini adalah unggulnya keahlian lulusan prodi ini sehingga lebih banyak permintaan tenaga kerja dari perusahaan-perusahaan dibandingkan dengan jumlah lulusannya. Lulusan prodi ini juga banyak bergerak sebagai enterpreneur.

Untuk menajamkan kompetensi, mahasiswa yang bergabung dalam prodi ini bisa memilih 3 peminatan: Desain, Manufaktur, dan Konversi Energi. Bidang desain lebih mengkhususkan pada  kemampuan merancang dan membangun di bidang rekayasa mekanika. Contohnya adalah mendesain dan membangun peralatan angkat dan angkut, mesin-mesin produksi, dan alat-alat kerja yang lain. Peminatan Desain akan bisa berkontribusi banyak di masa kini, karena saat ini ketergantungan sektor industri Indonesia pada peralatan impor sangat tinggi. Dengan penguasaan desain mekanik yang baik, maka kebutuhan itu bisa dipenuhi.

Saat ini kebanyakan sumber energi yang dipakai adalah sumber energi yang tidak bisa diperbarui. Tantangan yang dihadapi seluruh dunia saat ini adalah menggunakan energi dengan efisien dan mencari cara pemakaian sumber energi yang dapat diperbaharui. Untuk menjawab tantangan ini, Peminatan Konversi Energi mengkhususkan pada kemampuan merancang peralatan dan sistem konversi energi.

Semakin maju suatu negara, industri juga semakin beragam. Industri manufaktur bisa dikembangkan untuk mendapatkan bonus ekonomi. Peminatan Manufaktur mengutamakan pada kemampuan merancang proses manufaktur dan sistem yang terkait. Dengan kemampuan ini maka proses manufaktur akan bisa menghasilkan produk yang kompetitif dan berkualitas bagus.

Untuk memberikan pendidikan yang unggul dan juga pengalaman keahlian yang aktual, Prodi Teknik Mesin UK Petra dilengkapi dengan tujuh laboratorium, yaitu: Lab. CADE; Lab. Mesin CNC; Lab. Manufaktur; Lab. Metalurgi; Lab. Lab Otomotif; Lab. Pengaturan dan Uji Konstruksi; dan Lab. Sistem Fluida dan Termal. Ketujuh laboratorium ini dilengkapi dengan peralatan teknologi terkini yang relevan dan dipakai di industri pada saat ini. Dengan fasilitas ini mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman dan gambaran yang akurat akan kegiatan  dan keilmuan di dunia mechanical engineering.

Kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang leading di bidangnya telah dijalin oleh prodi ini. Beberapa nama besar perusahaan-perusahaan ini antara lain: PT. Honda Prospect Motor, PT. Astra Otoparts, PT. Alstom Power Energy System Indonesia (sekarang General Electric) – Surabaya, PT. Autodesk, PT. Surabaya Wire, PT. Agrindo, Mechatronic Nusantara, dan Mori Seiki. Kerjasama dengan industri akan bisa membuka kemungkinan penelitian dan magang yang mendukung pengembangan akademik. Selain itu kerjasama ini juga membuka kesempatan berkarya untuk para lulusan. Selain dengan  industri, dibuka juga kerjasama dengan universitas di luar negeri untuk memberikan kesempatan pendidikan global bagi para mahasiswa. (noel/dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here