SHARE

Orang-orang di belakang hari ini cenderung menjalani hidup dengan kesibukan tinggi. Pola ini menyebabkan kecenderungan makan makanan yang dibeli karena praktis dan cepat. Makanan yang dibeli biasanya tidak memperhatikan nutrisi. Pola hidup sibuk juga membawa resiko tidak terjaganya kesehatan. Bagaimana cara menjaga tubuh tetap fit di tengah kesibukan dan pola makan ini?

Continuing Education Center (CEC) UK Petra bersama dengan Komunitas Wanita Berkarya menggelar Seminar Stay Fit, Stay Healthy. Seminar ini diadakan pada tangal 26 November 2016 di Java Paragon Hotel Surabaya. Narasumber untuk seminar ini adalah: Hanjaya Siaputra, S.E., M.A, dosen pengajar di Program Manajemen Perhotelan UK Petra dan juga Konsultan Food and Beverage; dan Yohanes Sunardi, seorang life style educator and fitness consultant. Dalam sambutannya, Kepala CEC Regina Jokom, S.E., M.A. memperkenalkan Komunitas Wanita Berkarya dan juga memaparkan urgensi pemberdayaan wanita di Indonesia. Menurutnya, “Dari wanita yang sehat akan tumbuh generasi yang sehat”.
Seminar dimulai dengan workshop memasak bertajuk “1 Grocery Bag to Cook 3 Healthy Dishes”. Pada umumnya, memasak untuk makan keluarga berarti membeli bermacam-macam bahan untuk mempersiapkan beberapa hidangan. Di sini timbul permasalahan karena adalah repot untuk berbelanja banyak bahan masakan. Dalam workshop ini, Hanjaya mengajarkan cara membuat tiga hidangan eksklusif yang lezat dan sehat hanya dengan menggunakan delapan bahan. Kedelapan bahan ini adalah: ayam, udang, kale (sayuran super food yang belakangan ini naik pamornya), kembang kol, kailan, wortel, jamur shimeji, dan smoked beef. Tiga hidangan yang dimasak adalah: 1) Pan Sear Prawn, Caramelized Shimeji Mushroom with Kale Dressing  sebagai hidangan pembuka; 2) Chicken Confit, Burn Carrot, Kailan Spear, Mashed Cauliflower sebagai hidangan utama; dan 3) Pan Fried Chicken, Saute Kailan, and Prawn Cauliflower Fried Rice sebagai hidangan utama kedua. Memasak ketiga hidangan ini mengambil waktu sekitar 2 jam, dengan persiapan untuk Chicken Confit yaitu meng-ungkep ayam di magic jar selama satu malam. Menu ini dikompilasi oleh Hanjaya karena mengandung banyak superfood yang kaya nutrisi. Selain itu, cara memasak yang diajarkan Hanjaya meminimalisir lemak jenuh sehingga ramah bagi kesehatan tubuh.

Yohanes Sunardi dalam sesi seminarnya memaparkan tentang Healthy Lifestyle. Menurutnya hidup yang sehat dipengaruhi oleh faktor: nutrisi, olah raga, manajemen stress, dan tidur. Ia kemudian memfokuskan pembahasan pada faktor nutrisi. Yohanes mengatakan, “ Diet yang sehat bukanlah tidak makan, melainkan mengatur pola makan dan jumlahnya”. Salah satu contohnya adalah karbohidrat dan gula. Pola yang sehat bukanlah meniadakan asupan gula dan karbohidrat, melainkan merencanakan sebanyak apa asupan tersebut dan dengan porsi yang tepat. Ia juga menganjurkan untuk mengkonsumsi functional food, yaitu makanan yang membuat fungsi tubuh kita menjadi maksimal. Ia memberi contoh telur. Telur adalah sumber protein yang membangun tubuh. Namun, sebaik-baiknya kandungan telur, ia perlu dimasak matang. Karena apabila tidak matang, resikonya adalah terjangkit bakteri salmonella dan meningkatkan kecenderungan katarak. Yohanes juga menganjurkan konsumsi ikan bandeng.  Ikan bandeng adalah khas Indonesia dan sangat bermanfaat. Di dunia internasional, bandeng kalah pamor dibandingkan salmon. Padahal kandungan nutrisi bandeng jauh lebih sehat. Yohanes mengatakan bahwa bandeng mengandung konsentrasi omega 3 sebanyak tujuh kali lipat dibandingkan salmon. (noel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here