SHARE

Program Studi Arsitektur Universitas Kristen Petra (UK Petra) telah menginjak usia 50 tahun (Golden Jubilee) pada tanggal 6 Februari 2017 dan sebagai rasa ungkapan syukur, digelar serangkaian acara yang berjudul “Karya dan Karsa untuk Nusa Tercinta” pada tanggal 27 Februari 2017 sampai dengan 7 Maret 2017.

Sebagai pembuka rangkaian acara digelar Petra Architecture Week sebagai sarana publikasi dan promosi hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Arsitektur dimana aktivitas yang dilakukan adalah pameran karya, seminar, diskusi dan desain. Di dalam acara ini  diadakan beberapa kompetisi berskala internasional  dan nasional, yaitu: Geest van de Architectuur (GADA), Architecture Festival, dan Sayembara Desain Ikon Baru Kota Pahlawan. GADA adalah kompetisi rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur Petra (Himaartra). Kompetisi yang sudah 5 kali menjadi berskala internasional ini bertujuan meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap karya arsitektur dengan mendokumentasikannya dalam karya-karya fotografi. GADA 2017 kali ini diikuti oleh 391 peserta. Mereka adalah mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, RRT, dan Singapura. Architecture Festival adalah kompetisi tahunan yang berlingkup internasional yang saat ini mengambil tema Urban Housing dimana para peserta diminta untuk mendesain rumah tinggal yang mengakomodasi kekayaan alam dan kebudayaan setempat, secara khusus diharapkan desain tempat tinggal yang inklusif untuk pemakai kursi ro da.

Dalam rangkaian acara Golden Jubilee ini juga diadakan konferensi gabungan dari International Conference on Empathic Architecture (ICEA) kedua dan Sustainable Environment Architecture (Senvar) ketujuhbelas. ICEA adalah konferensi tingkat internasional yang diprakarsai UK Petra sejak tahun 2014. SENVAR adalah kegiatan perhimpunan tahunan para pakar, ilmuwan, dan arsitek dalam forum International Conference yang berfokus pada sustainable architecture. Pada tahun 2017 ini, kedua konferensi yang senafas dalam kepedulian terhadap sustainability (keberlanjutan) ini digabungkan dalam Golden Jubilee Arsitektur UK Petra sebagai ICEASENVAR 2017. Dalam konferensi bertema “Wisdom and Practices of the Sustainable Built Environment for Better Livings” ini, menghadirkan tiga orang pembicara utama yaitu Boonserm Premthada, Daliana Suryawinata, dan Florian Heinzelmann. Timoticin Kwanda, B.Sc., MRP., Ph.D., Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan UK Petra dalam pesan penutup konferensi ICEASENVAR selaku Ketua Perayaan HUT ke-50 Arsitektur UK Petra mengingatkan pentingnya empati dalam arsitektur, Ia mengatakan “Architecture is not only about space and design, but also about the people”.

Rangkaian acara Golden Jubilee ini juga dihiasi dengan reuni yang ini dilaksanakan untuk mempererat hubungan dan jejaring antara sivitas akademika Arsitektur UK Petra dan alumni. Sekitar 250 alumnus dari angkatan 1968 sampai dengan angkatan 2016 hadir dalam reuni ini. Seusai Reuni Akbar, sebagai penutup diselenggarakan Architecture Tour pada tanggal 5-7 Maret 2017 yang melibatkan dosen, mahasiswa ,dan alumni. (noel/dit)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here