SHARE

Program Manajemen Bisnis adalah sebuah program yang berada di bawah naungan Pro­gram Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra (UK Petra). Program ini menawarkan  pendidikan bisnis untuk menciptakan pemimpin bisnis milik keluarga yang berintegritas, berwawasan global, dan berlandaskan iman Kristiani. Pendidikan bisnis yang ditawarkan yakni keseimbangan antara penguasaan konsep dan bisnis praktis. Keseimbangan ini tercipta melalui atmosfer pendidikan yang mendukung terjadinya perubahan cara berpikir, bersikap, dan berperilaku mahasiswanya. Program Manajemen Bisnis berfokus pada pengembangan karakteristik kepemimpinan mahasiswa dan keterampilan kewirausahaan.

Selain berfokus pada pengembangan karateristik, Program Manajemen Bisnis  memiliki tiga misi sebagai sebuah institusi pelaksana pendidikan tinggi. Pertama, melaksanakan proses belajar mengajar yang berkualitas untuk meng­ha­sil­kan lulusan yang profesional dalam bidang bisnis milik keluarga. Kedua, melaksanakan penelitian terapan dalam bidang bisnis pada lingkup nasional dan internasional. Ketiga, memberikan layanan konsultasi dan pendampingan dalam pendirian, pe­nge­lolaan, dan pengembangan bisnis milik keluarga.
Inovasi dan kreativitas terus digerakkan, terbukti dengan Program Manajemen Bisnis UK Petra yang berhasil memperoleh status akreditasi A oleh Badan Akre­­ditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2015. Hal ini membawa Program Manajemen Bisnis untuk terus menciptakan lingkungan mahasiswa yang berjiwa entrepreneur, dosen yang profesional, alumni yang berpengalaman, dan business leaders dari berbagai dunia industri. Selain itu, Program Manajemen Bisnis semakin memantapkan strategi dalam mengembangkan program S-1 (Sar­jana).

Dalam Program Manajemen Bisnis, mahasiswa dididik untuk menguasai pengetahuan ekonomi, manajemen, akuntansi, bahasa asing, hukum bisnis, strategi bisnis, kewirausahaan, dan kepemimpinan melalui metode belajar. Metode belajar ini berupa pembelajaran dalam kelas maupun melalui program praktik nyata. Program Manajemen Bisnis memberikan pengetahuan kepada mahasiswa untuk memahami berbagai sektor bisnis dalam lingkup nasional hingga internasional sehingga, dengan pengetahuan dan keterampilan tersebut, mahasiswa diharapkan dapat lulus dengan kemampuan untuk membangun, mengelola, dan mengembangkan sebuah proyek bisnis.

Dalam mendukung mahasiswa untuk memahami berbagai sektor bisnis dalam lingkup nasional hingga internasional, Program Manajemen Bisnis memberikan kesempatan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan Internasional seperti kegiatan Studi Ekskursi (SE) Internasional. Pada tahun 2016 lalu, SE Internasional ini berlangsung di Benua Eropa, yaitu di kota Frankfurt, Amsterdam dan Paris selama 9 hari. Mahasiswa belajar langsung dari perusahaan-perusahaan di Eropa dan mengunjungi universitas di Amsterdam dan Paris. Perusahaan-perusahaan yang dipilih merupakan perusahaan keluarga yang sudah berdiri sejak lama dan dapat mempertahankan posisinya. Melalui kunjungan perusahaan, mahasiswa belajar seputar manajemen produksi, pemasaran, sumber daya manusia hingga proses akhir yaitu pendistribusian produk dan layanan. Selain itu, melalui kunjungan ini, mahasiswa memperoleh wawasan bagaimana persaingan bisnis internasional yang mendorong perusahaan dalam mengembangkan keunggulan dan keunikannya.

Mahasiswa Program Manajemen Bisnis UK Petra akan menempuh mata kuliah dengan total 144 satuan kredit semester (sks) Mahasiswa akan menempuh beberapa jenis mata kuliah seperti Pengantar Manajemen, Pengantar Akuntansi, Ekonomi Mikro, Pengantar Bisnis, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan lain-lain.

Prospek profesi Program Manajemen Bisnis adalah menjadi pemimpin bisnis yang mampu menciptakan, mengelola, mengembangkan organisasi bisnis milik keluarga yang efektif, efisien, dan berkelanjutan. Selain itu, prospek profesi yang kedua adalah menjadi seorang pemimpin bisnis yang ahli dalam bidang Family Business Management, Human Resources and Organizational Development, Business Development and Innovation, Business Strategy and Leadership, Business Assessment and Measurement.

Uniknya, Program Manajemen Bisnis tidak hanya berperan dalam prospek profesi, namun juga berperan dalam prospek karir mahasiswanya. Prospek karir tersebut antara lain untuk menjadi pemimpin bisnis yang dapat mendirikan sebuah bisnis baru, kemudian mengelola dan mengembangkan usaha. Kedua, untuk menjadi pemimpin bisnis yang memiliki keterampilan dasar dan strategis untuk menjawab tantangan bisnis. Terakhir, untuk menjadi pemimpin bisnis dengan keterampilan kewirausahaan yang berorientasi pada kreativitas dan inovasi sehingga dapat menciptakan lapangan kerja di berbagai industri (fsc/dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here