SHARE

Program Pascasarjana Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Kristen Petra (UK Petra) mengundang Prof. Andrew Charleson, mantan profesor arsitektur Victoria University Wellington, Selandia Baru untuk memberikan perkuliahan mengenai Structure as Reinforcement of Design Concepts and Architectural Qualities di RK IV Gedung Radius Prawiro.

Perkuliahan pada 14 Agustus 2019 tersebut dihadiri 127 mahasiswa S1, S2, & S3 FTSP dan alumni. “Kuliah ini diadakan untuk memberikan wawasan bagi mahasiswa FTSP agar mereka saling memahami bahwa Arsitektur dan Teknik Sipil  saling membutuhkan dalam menciptakan struktur bangunan yang aman dan diapresiasi penggunanya.”, terang Doddy Prayogo S.T., M.T., M.Sc., Ph.D., ketua program pascasarjana FTSP UK Petra.

Prof. Charleson yang mempelajari 400 bangunan selama 30 tahun tersebut membagikan hasil pengamatannya berupa pengelompokkan konsep desain arsitektur pada struktur dan kualitas arsitektur yang ditampilkan. Pengarang buku Structure as Architecture ini menunjukkan foto-foto bangunan yang dipelajarinya sebagai contoh klasifikasinya untuk menginspirasi peserta berpikir out of the box dalam merancang struktur bangunan.

“The reality is most of the structures has to be practical, but there are opportunities for architects and civil engineers to create an interesting structure that reinforces architecture design concepts. They could work together to make wonderful structures”, pria yang tinggal di Bandung itu. (stf/Aj)

Facebook Comments