SHARE

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November, Universitas Kristen Petra (UK Petra) menggelar upacara bendera. Tema peringatan hari Pahlawan 2022 adalah Pahlawanku Teladanku, dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Upacara diikuti oleh mahasiswa baru, dosen, serta tenaga kependidikan UK Petra. Upacara dilaksanakan di lapangan hijau gedung Radius Prawiro. Dr. Rudy Setiawan, S.T., M.T., selaku inspektur upacara dalam amanat upacara mengungkapkan peringatan Hari Pahlawan menjadi momen untuk membangkitkan kembali dalam ingatan kita, bagaimana para pahlawan bangsa dengan gagah berani dan tidak menyerah saat melawan tentara musuh yang bersenjata lebih canggih, oleh karena para pahlawan meyakini bahwa masa depan bangsa Indonesia sangat layak untuk diperjuangkan.

Di masa kini, tantangan atau “musuh” yang dihadapi diantaranya pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, kelangkaan pangan, energi, dan air bersih, pemerataan layanan pendidikan dan kesehatan, kemiskinan, upaya memecah belah persatuan dan kesatuan, paham radikal, dan lain sebagainya.

“Sesungguhnya perjuangan melawan “musuh” tidak akan pernah berakhir selama kita masih menjalani kehidupan ini. Tantangan tersebut harus kita hadapi dan perjuangkan secara bersama sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Bersama-sama kita atasi, kita lawan, dan kita berantas bukan dengan senjata melainkan dengan pemikiran, dengan karya-karya nyata yang berdampak bagi masyarakat dan dunia,” ungkap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UK Petra ini. (rut/Aj)

Facebook Comments