SHARE

Wisudawan peraih IPK tertinggi dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) adalah Elisabeth Kathryn dari Program Studi Arsitektur. Gadis kelahiran Surabaya, 25 Juli 1995 ini mencatatkan IPK 3,93. Alumnus SMA Kristen Petra 1 ini aktif sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Arsitektur Petra. Elisabeth sering berprestasi di berbagai kompetisi, salah satunya adalah Juara 1 Mahasiswa Berprestasi 2016 Kopertis VII. Kesibukannya di akhir masa studi S1 nya saat itu adalah menjalankan Program Kreativitas Mahasiswa dari Dirjen Pendidikan Tinggi yaitu mengimplementasi karya ilmiahnya yaitu Pipa Cahaya dari Kaleng Bekas untuk membantu rumah-rumah di yang ruangannya tidak mendapat penerangan matahari. Di waktu dekat ini, Elisabeth akan meneruskan studi arsitekturnya di Master of Architecture, with a Concentration in Sustainable Design National Taiwan University of Science and Technology (NTUST).

Skripsi Elisabeth berjudul “Pasar Tradisional vertikal di Genteng Surabaya”. Pasar tertua di Surabaya ini memiliki permasalahan unik. Gedung pasar ini sudah berusia 40-an tahun, dan desainnya memiliki beberapa permasalahan, yaitu: kondisi yang kumuh, kacau, kotor, bau dan gelap; tidak adanya lahan untuk berkembang; terbatasnya ruang parkir; dan minimnya vegetasi di lingkungan di dalam dan sekitar pasar. Solusi yang diusulkan adalah dengan membangun secara vertikal setinggi 16 lantai untuk menambah luasan lahan untuk toko; sistem sirkulasi kendaraan dan tempat parkir yang menyatu dengan zona pertokoan; dan menyediakan tempat untuk tanaman di puncak bangunan.

Ketika ditanyai tentang pengalamannya selama kuliah, Elisabeth mengatakan bahwa ia sangat menyukai belajar arsitektur di UK Petra. Elisabeth mengatakan, “Yang paling saya sukai adalah saya bisa bermimpi, dan kemudian merealisasikan mimpi tersebut”. Bagi rekan-rekan, Elisabeth menyampaikan “Live your life with passion. Know your purpose, fight for it!”.(noel/padi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here