SHARE

Natal merupakan momentum untuk mengingatkan setiap orang percaya tentang kasih anugerah Tuhan yang demikian besar sebab Yesus Kristus datang ke dalam dunia untuk memberikan pengharapan bagi manusia berdosa. Dalam menyambut momen natal ini, Universitas Kristen Petra (UK Petra) menyelenggarakan rangkaian kegiatan Natal dalam nuansa Manado. Tema yang diangkat adalah “Cuma Tuhan Pe Sayang Pa Torang” yang berarti Hanya Karena Kasih-Nya Pada Kita. Tema ini dipilih dengan tujuan untuk mengingatkan seluruh civitas akademika UK Petra bahwa Tuhan sangat mengasihi manusia. Senin, 20 November 2017 yang lalu dilaksanakan pembukaan rangkaian kegiatan natal bersama keluarga besar UK Petra di entrance hall. Tarian Kabasaran yang berasal dari daerah Minahasa, Sulawesi Utara mengawali acara pembukaan rangkaian kegiatan natal. Pembukaan rangkaian natal ini ditandai dengan penyerahan simbolis penutup kepala khas manado kepada Ir. Frederik Jones Syaranamual, M.Eng., selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Agus Arianto Toly, S.E.,Ak.,M.S.A., selaku Wakil Rektor Bidang Keuangan & Administrasi  oleh Kol. Mar. (Purn.) Boy Freddy Malonda selaku Kepala Unit Ketahanan Kampus (UKK). “Kita, seluruh keluarga besar UK Petra bersama-sama menyambut datangnya bulan natal dengan nuansa etnik Manado pada tahun ini. Saya menghimbau untuk bersama-sama kita datang mengucap syukur kepada Tuhan pada perayaan natal nanti, dan selamat menikmati nuansa Manado,” ujar Ir. Frederik Jones Syaranamual, M.Eng. dilanjutkan dengan pemukulan kolintang, tanda rangkaian kegiatan natal 2017 resmi dibuka.

Kegiatan lainnya dalam rangkaian natal UK Petra yang menarik adalah keakraban pegawai. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 24 November 2017 di depan auditorium UK Petra. Kegiatan yang diikuti sekitar 150 orang pegawai dan dosen ini bertujuan untuk membangun keakraban dan kebersamaan di antara sesama pegawai UK Petra. Setelah bersekutu bersama dan mendengarkan Firman Tuhan yang disampaikan oleh Perdian Tumanan, S.T., M.Div., para pegawai bermasegenap in tebak-tebakan dengan menirukan gaya pegawai lainnya. Menambah kemeriahan, para pegawai dibagi menjadi enam kelompok dan bersama-sama belajar menari poco-poco. Setelah pembelajaran singkat, masing-masing kelompok diminta mengkreasikan gerakan poco-poco sekreatif mungkin untuk dilombakan antar kelompok. Juara 3 diraih oleh kelompok oranye yang mengangkat konsep orang kristen yang injili, juara 2 diraih oleh kelompok pink yang mengangkat konsep ritme kehidupan kerja, dan juara 1 diraih oleh kelompok kuning yang mengangkat konsep kasih.

Selain membangun keakraban pegawai, dalam rangkaian natal 2017 ini juga diadakan acara perayaan natal bagi anak-anak pegawai. Acara yang dilaksanakan pada Sabtu, 25 November 2017 ini dibagi menjadi dua kelas, kelas kecil adalah untuk anak-anak usia 0-9 tahun, sedangkan kelas besar adalah untuk anak-anak usia 10-13 tahun. Acara yang bertempat di AVT 501 & 502 ini mengangkat tema Amazing Love. Selain diikuti oleh sekitar 200 anak-anak karyawan, perayaan natal ini diikuti oleh 40 siswa SDN Siwalankerto 2 Surabaya. Dalam perayaan natal ini, panitia dibantu oleh para mahasiswa Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UK Petra yang menjadi sarana pembelajaran dan praktik bagi para mahasiswa PGSD. Setelah memuji Tuhan, di kelas kecil, anak-anak disuguhkan panggung boneka persembahan dari Gereja Kristen Indonesia (GKI) Ngagel. Sedangkan di kelas besar, anak-anak mendengarkan Firman yang disampaikan oleh Hanna Yulianik dari GKI Residen Sudirman. “Selain mengakrabkan antar anak pegawai, kegiatan ini merupakan perwujudan dari salah satu visi UK Petra yaitu caring, terutama bagi keluarga pegawai,” ungkap Pratiwi Anjarsari selaku panitia natal anak pegawai. (rut/aj)

Facebook Comments