SHARE

Fakultas Seni dan Desain (FSD) UK Petra kembali menggelar Bharatika Creative Design Festival 2021 selama tiga hari (21-23 Mei 2021) berturut-turut secara daring. “Luar biasa, meski masih dalam kondisi pandemi dan dilaksanakan secara daring acara tahunan bagi insan muda yang kreatif berhasil memikat 470 orang untuk mengikuti kegiatan ini. Sebuah acara untuk mengasah kemampuan, menunjukkan bakat dan menambah wawasan insan muda”, rinci Angela Bunardi selaku ketua panitia Bharatika 2021.  

Tahun ini, Bharatika mengambil tema “RESTORAKSI”. Angela menuturkan diambil dari kalimat Restorasi dan Aksi. “Kalimat ini ingin memulihkan dan membangkitkan semangat untuk berkarya meski di tengah pandemi. Waktu terlalu berharga dan terbatas jika digunakan hanya untuk menunggu.”, tambah mahasiswi angkatan 2019 itu. 

Bharatika Creative Design Festival memiliki beberapa rangkaian acara mulai dari pembukaan, lomba, meet the judges, creative talk, workshop, awarding night hingga pameran virtual. Kompetisi yang dibagi menjadi empat kategori ini diperuntukkan bagi mahasiswa dan siswa SMA di Indonesia. Keempat kategori ini melambangkan empat punggawa yang sesuai dengan kreativitas dan keahlian masing-masing.   

Empat kategori lomba yaitu Kategori Tirta (Desain Komunikasi Visual), Kategori Agni (Desain Interior) , Kategori Bayu (Desain Produk), dan Kategori Buana (SMA). Kegiatan ini berskala Internasional dan diikuti oleh lebih dari 400 peserta dari universitas maupun SMA. Diantaranya ada enam peserta dari luar negeri yang mengikuti Creative Talk yaitu dari Malaysia, Singapore, Jerman, Italia, China dan Taiwan.

Kategori Tirta yang berarti air ini terdiri dari lima kompetisi yaitu Unconventional Media, Digital Campaign, Comic Strip, Game Design Concept dan Fashion For New Normal. Sedangkan kategori Agni yang berarti api terdiri dari tiga kompetisi yaitu Private Space For New Normal, New Normal Interior Styling dan Chair Design For New Normal. 

Kategori Bayu yang berarti angin terdiri dari New Normal Innovation Challenge. Kategori buana yang berarti tanah terdiri dari dua kompetisi yaitu Near Home Photography dan New Normal Sticker Illustration. 

Menariknya pameran Bharatika 2021 yang diakses secara daring pada link : https: https://www.artsteps.com/embed/60a471fb97cf59bac7408ed3/560/315 ini mengajak pengunjung untuk melihat perjuangan di tengah pandemi dalam menghasilkan sebuah karya yang apik. (Aj/padi)

Facebook Comments