SHARE

Setelah melaksanakan orasi calon ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (cakabem) pada 7-8 Mei 2021, Pemilihan Umum Raya (Pemira) Universitas Kristen Petra (UK Petra) 2021, melaksanakan kegiatan Debat cakabem secara daring pada 11 Mei 2021. Debat diikuti oleh ketiga calon Ketua BEM yaitu Joshua Chang, Gabriella Gunawan, dan Widi Santoso Wijanarko.

Debat cakabem terbagi menjadi lima segmen. Segmen pertama yaitu Perkenalan dan pemaparan visi, misi, value, dan program unggulan. Kemudian dilanjutkan dengan segmen kedua yaitu pertanyaan dari panelis. Sedangkan segmen ketiga adalah pertanyaan dari masing-masing calon. Lalu segmen empat dilanjutkan dengan pertanyaan dari rekan-rekan mahasiswa, kemudian segmen terakhir adalah pernyataan penutup dari masing-masing calon. 

Pada segmen pertama, secara bergantian, cakabem mempresentasikan rencana dan program kerja selama lima menit. Joshua Chang menyatakan visinya adalah “Serving God, Loving People”, dengan spirit yaitu “Berproses dengan Bermakna untuk Berdampak”. “Ini adalah sebuah panggilan, dari apa yang telah saya pelajari selama tiga tahun di UK Petra. Misi saya adalah ingin supaya UKM dapat berkelanjutan, saya juga ingin supaya banyak orang dapat terinspirasi dengan apa yang BEM kerjakan dan melawan apatisme, selain itu saya ingin banyak mahasiswa UK Petra yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat,” urai mahasiswa International Business Management (IBM) ini.

Sementara itu visi dari Gabriella Gunawan adalah “Bersama bergerak membangun ruang transformasi diri bagi keluarga besar mahasiswa yang berdampak bagi UK Petra dan Indonesia”. Dengan misi yaitu well prepared for career readiness, well exposed to global knowledge, well colaboration, serta well transformation. “Semua misi ini timbul karena kerinduan bahwa setiap mahasiswa perlu peka dan sadar tentang banyak sekali hal yang belum diketahui oleh mahasiswa,” ujar mahasiswi International Business Accounting.

“Mengembangkan keluarga besar mahasiswa UK Petra yang siap berdampak bagi Indonesia melalui sinergi kolaborasi dalam aksi, yang berakar pada nilai kristiani”, merupakan visi dari Widi Santoso Wijanarko. “Untuk mencapai visi ini, tentunya ada misi yang akan saya jalankan yaitu siap melayani mahasiswa berlandaskan nilai-nilai kristiani, mempersiapkan mahasiswa sesuai dengan kompetensi yang diperlukan sebagai bagian dari masyarakat, siap bersinergi dengan stakeholder  melalui kolaborasi untuk aksi bagi UK Petra dan Indonesia, serta siap mewujudkan lingkungan internal yang menghargai dan transformatif,” ungkap mahasiswa Teknik Industri ini.

Pada  segmen dua, menghadirkan tiga orang panelis yaitu Arja Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Desi Yoanita, S.Sos., M.Med.Kom., Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi, serta Raymond Arif T, S.Kom., dari Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (BAKA). Di segmen tiga, masing-masing calon akan melontarkan pertanyaan kepada dua calon lainnya. Setelah dijawab, calon yang bertanya dapat memberikan tanggapannya. Untuk segmen empat, cakabem menjawab pertanyaan dari mahasiswa yang sebelumnya telah dikumpulkan terlebih dahulu. (rut/Aj)

 

Facebook Comments