SHARE

Opening Petra Summer Program (PSP) dilaksanakan pada  10 Juli 2021. Petra Summer Program 2021 diikuti oleh sebanyak 50 peserta yang berasal dari Indonesia, China, dan Jepang. Kali ini PSP 2021 diselenggarakan secara online, dan mengangkat tema yaitu “Exploring Local, Going Global”.  PSP 2021 memiliki tiga program yaitu Indonesian Culinary Arts, Bamboo Gridshell Computational Design, serta Architecture and Film.

“Tahun lalu, PSP terpaksa absen karena pandemi Covid-19, namun tahun ini bisa terselenggara. Hal ini membuktikan, jika ada kemauan, disitu ada jalan,” ujar Jenny Mochtar selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UK Petra.

Meskipun dilaksanakan secara daring, namun pembukaan PSP tetap menyuguhkan nuansa Indonesia, terutama Surabaya. Salah satunya adalah pembawa acara yang mengenakan pakaian cak dan ning. Selain itu, peserta juga disuguhkan tarian selamat datang dari Sanggar Rizky Adhipati Ndower.

Pada pembukaan PSP 2021, peserta mendengarkan pemaparan dari Sally Azzaria, S.Sos., M.PPO., yang berjudul “Indonesian Society and Its Global Challenges”. Terdapat lima poin penting yang disampaikan oleh Sally terkait masyarakat Indonesia saat ini, diantaranya adalah kesadaran akan realitas, toleransi – multikultur, terhubung, informasi yang berlebihan, serta panutan. “Dahulu, anak-anak biasanya mengidolakan orang-orang terdekatnya, saat ini kita dapat mengidolakan banyak orang-orang terkenal, yang sebagian besar terkenal melalui sosial media, seperti Instagram, facebook, tiktok, dan lain lain,” ujar Sally.

Setelah mendengarkan pemaparan, peserta dibagi menjadi tiga breakout room, sesuai dengan program yang diikuti yaitu Indonesian Culinary Arts, Bamboo Gridshell Computational Design, serta Architecture and Film. Di dalam ruangan ini, para dosen memberikan arahan dan gambaran tentang kegiatan-kegiatan dalam masing-masing program. (rut/Aj)

 

 

Facebook Comments