SHARE

Pada 21 Juli 2021, Universitas Kristen Petra (UK Petra) melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Program Inklusi Kesadaran Pajak dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Timur I. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui zoom meeting dan YouTube Live.
UK Petra telah menjadi anggota Tax Center sejak penandatanganan Perjanjian Kerja Sama pada 18 November 2010. Sebelumnya kerja sama antara UK Petra dan Kanwil DJP Jawa Timur I telah berlangsung lama, salah satunya adalah Program Tax Accounting rutin berpartisipasi dalam program kerja DJP yaitu relawan pajak, para mahasiswa yang menjadi relawan pajak membantu masyarakat dalam pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT). 

“Kehadiran Tax Center dan Inklusi Kesadaran Pajak di UK Petra, saat ini makin relevan khususnya dengan semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diusung oleh Kemendikbud Ristek. Kehadiran Tax Center dan Inklusi Kesadaran Pajak ini makin mendekatkan kampus dengan mitra yang sangat kompeten, khususnya dalam hal ini adalah DJP. Kami berharap Tax Center dan Inklusi Kesadaran Pajak dapat berfungsi makin efektif, baik untuk pembelajaran, penelitian, maupun pengembangan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., selaku Rektor UK Petra.

Prof. Dr. Poltak Maruli John Liberty Hutagaol, selaku Kepala Kanwil DJP Jawa Timur I mengungkapkan bahwa kerja sama antara DJP dan perguruan tinggi perlu untuk dilanjutkan dan terus dikembangkan untuk membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat. “Kerja sama yang baik antara DJP dan Tax Center yang ada di perguruan tinggi tentunya adalah sesuatu yang sangat baik untuk membangun masyarakat yang sadar dan peduli dengan pajak sehingga kepatuhannya bertumbuh. Sehingga penerimaan pajak yang merupakan tulang punggung APBN Indonesia terus meningkat sesuai dengan kebutuhan dari pembiayaan pembangunan nasional. Kami memandang peran perguruan tinggi ini sangat crucial dan fundamental, karena komunitas perguruan tinggi merupakan komunitas terpelajar dan suaranya sangat didengar oleh semua stakeholder yang ada tanah air,” urainya. 

Dalam kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Rektor Universitas Widya Kartika F. Priyo Suprobo, S.T., M.T., Kepala KPP Pratama Surabaya Wonocolo dan Mulyorejo, Ketua Forum Tax Center Surabaya, Drs. Nobertus Purnomolastu Ak., M.M., para Ketua Tax Center di Surabaya, serta mahasiswa UK Petra, Universitas Widya Kartika, dan perwakilan Tax Center. (rut/dit)

Facebook Comments