SHARE

Sabtu, 21 Mei 2022 yang lalu lima startup dari Sentra Inovasi dan Kewirausahaan (SIK) Universitas Kristen Petra (UK Petra) mengikuti kegiatan business matching di JW Marriot-Jakarta.

Acara business matching ini merupakan inisiatif dari SIK UK Petra yang merupakan sebuah unit Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UK Petra Surabaya. Business matching ini menghadirkan lima startup binaan SIK yaitu Meal for 60+, NACA, Solar Helmet, Solar Boat, dan FundProp (TemuBangun) untuk bertemu dengan calon-calon investor di Jakarta.

Felix Pasila, Ph.D selaku direktur SIK UK Petra menyampaikan bahwa “lima startup yang hadir ini telah lolos seleksi dan mendapatkan pendanaan awal dari program kompetisi startup yang dilaksanakan oleh kementerian”, ujarnya. Lebih lanjut, dosen prodi Teknik Elektro UK Petra ini mengatakan “kami pun mengadakan business matching ke Jakarta untuk menawarkan inovasi-inovasi yang telah dipatenkan kepada calon-calon investor dalam network Rotary Club Jakarta Thamrin, beberapa Venture Capital, dan perusahaan yang telah mapan”, tambahnya saat di Jakarta.

Acara yang diadakan di JW Marriot Jakarta ini menghadirkan 25 undangan dari perusahaan-perusahaan besar yang berbasis di Jakarta. Acara dibuka dengan sambutan dari Dr Yusita Kusumarini Ketua LPPM UK Petra, dan Dr Sanny Suharly Presiden Rotary Club Jakarta Thamrin. Kedua pembicara ini menekankan tanggung jawab sosial dari bisnis-bisnis yang akan dikembangkan oleh para startup. Acara diakhiri dengan pitching dari kelima startup tersebut.

Profil 5 Startup SIK UK Petra

MEAL FOR 60+ (PT LAUK PANGAN SEJAHTERA)

No. Paten: S00202200895

Meal for 60+ merupakan media pembantu masyarakat agar dapat hidup sehat. Hadir di banyak mainstream platform, yakni Instagram, YouTube, Website, dan Mobile Apps. Meal for 60+ berusaha mendekatkan dengan para target audiensnya. Menyajikan berbagai resep sehat yang dikreasikan oleh koki dan ahli gizi, agar setiap menu yang diciptakan terjamin kelezatannya dan juga kesehatannya.

SOLAR HELMET (PT SOLAR INOVASI PERSADA)

No. Paten: S00202111835

Solar Helmet adalah startup di bidang energi dengan tujuan memudahkan dalam pengecasan untuk seorang pengendara motor dengan mobilitas tinggi seperti ojek online. Kami membuat terobosan untuk membuat energy alternative yang ramah lingkungan yang memanfaatkan perlengkapan yang sudah ada yaitu helm menjadi perlengkapan yang memiliki kegunaan lebih, yaitu helm yang dilengkapi dengan panel surya.

SOLAR BOAT (PT MARITIM SOLARBOAT  INDONESIA)

No. Paten: S00202204035

Inovasi Solar Boat dibuat untuk menggantikan penggunaan energi berbahan bakar fosil dengan energi terbarukan (Solar cell) yang lebih ramah lingkungan. Kami menyempurnakan model prototipe yang sudah dibuat menjadi kapal nelayan dengan teknologi Solar cell. Selain itu, material yang digunakan adalah jenis bahan EVA foam yang dapat meminimalisir risiko yang ada pada penggunaan material konvensional.

NACA (PT NACA AGRO TEKNOLOGI INDONESIA)

Patent Drafting

NACA merupakan mesin pengolah cacing mentah, menjadi tepung cacing berukuran nano yang siap jual. Modul NACA dilengkapi dengan oven untuk proses pengeringan, guna mengurangi tingkat kelembaban dari cacing dan meningkatkan efisiensi produksi serta meminimalisir adanya gagal produksi. Alat ini memiliki mekanisme ball milling untuk mengubah cacing kering menjadi tepung cacing berukuran nano.

FUNDPROP-TEMUBANGUN (PT KREASI NUSA BERSATU)

Patent Drafting

TemuBangun.id merupakan platform marketplace digital yang dikembangkan oleh PT Kreasi Nusa Bersatu yang berfungsi untuk mempertemukan para calon pengguna jasa desain dan pembuatan properti berupa rumah tinggal idaman. TemuBangun.id bekerja sama dengan mitra para arsitek untuk menawarkan paket-paket desain properti yang menarik dengan harga terjangkau serta memfasilitasi mereka khususnya para arsitek muda untuk berkreasi dan membangun networking serta menampilkan portofolio karya mereka. Tak hanya itu, kami juga bekerja sama dengan mitra strategis para kontraktor pengembang properti untuk menawarkan solusi unik berupa proses tahap pembangunan yang cepat, spesialisasi bangunan dengan bahan lokal, serta konsep hunian yang memanfaatkan teknologi rumah cerdas, pencahayaan natural dan sumber listrik tenaga surya. (Aj/dit)

 

Facebook Comments