SHARE

Sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia menjadi salah satu negara yang juga ikut berkomitmen mencapai pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Untuk mencapai tujuan ini, ada 17 aspek yang biasanya juga melibatkan seorang akuntan. Lalu bagaimana peran akuntan mendukung tercapainya SDGs ini? 

Seminar “Accountants as Society Transformers” hadir untuk menjawab ini. Kegiatan yang digelar oleh Program Studi Akuntansi pada hari Sabtu, 19 November 2022 mulai pukul 09.00 WIB di Auditorium gedung W kampus UK Petra, Surabaya.  

“Seminar yang terdiri dari tiga sesi dengan empat pembicara ini harapannya bisa memberikan pengetahuan bagi mahasiswa dan masyarakat umum mengenai peran akuntan dalam mencapai SDGs yang telah di tetapkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).”, kata Lyvinia Yovita Houtama sebagai ketua acara.  

Sesi pertama dibawakan oleh Prof. Dr. P. M. John L. Hutagaol., SE., Ak., M. Acc., M.Ec (Hons), CA., yang membahas tema “Why Accountants Need to Save Planet and People?”. Pembahasan mengenai alasan akuntan dibutuhkan dalam pencapaian SDGs akan dikupas tuntas. 

Sementara itu pada sesi kedua dengan sistem talkshow menghadirkan Elvia R. Shauki, Ph.D., MBA., CA., BAcc., dan Maria R. Nindita. R., Ph.D. Mengangkat tema “How Accountants Save Planet and People”. Sesi talkshow membahas mengenai bagaimana cara akuntan menyelamatkan planet dan orang-orang dalam tujuan mencapai SDGs. 

Pada sesi terakhir, dibawakan Olivier Chauveau dan Josua Tarigan, Ph.D, CMA, CSRA, CBV, CFP, dengan tema “Sustaining the Business in More Ethical Ways”. Sesi ini juga akan dilakukan menggunakan sistem talkshow dengan pembahasan mengenai penerapan secara nyata dari sesi pertama dan kedua.  

Peserta dalam seminar nasional ini mencapai 158 orang. Kontribusi para akuntan dalam usaha Indonesia mencapai SDGs yang ditargetkan tahun 2030 ini sangat penting agar kemiskinan sedikit demi sedikit berakhir, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. (Aj/padi)  

  

Facebook Comments