SHARE

PCU E-Sports Challenge 2022 telah resmi berakhir. Kompetisi yang baru pertama kalinya di gelar oleh Petra Digital Institute (PD Inst) bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan didukung oleh Internet of Things Program berhasil menjaring 1.662 siswa SMA/SMK se-Indonesia yang terdiri dari 277 tim.  

“Sungguh diluar ekspektasi kami. Animo para peserta ternyata sangat tinggi. Mereka memperebutkan total hadiah mencapai Rp 32 juta dan beasiswa dari UK Petra. Rencananya akan kami adakan secara rutin dan memperebutkan piala bergilir yang dapat menjadi kebanggaan sekolah atas prestasi siswa didiknya dibidang E-Sports.”, rinci Yefta Watson selaku ketua acara Petra E-Sports Challenge 2022 ini saat dihubungi melalui ponselnya. (25/11) 

Ada dua cabang game yang dilombakan yaitu Mobile Legends dan Valorant. Tercatat ada 256 tim untuk Mobile Legends dan 21 tim kategori Valorant, dengan lima hingga enam orang tiap timnya. Ada tiga babak yaitu babak Kualifikasi, Perebutan Tempat Ketiga dan Final. Dalam babak Kualifikasi menggunakan sistem gugur. Sedangkan untuk dua babak lainnya menggunakan sistem Best of Three.  

Dari kompetisi yang telah berlangsung 12 November lalu ini ada sebanyak enam tim yang menjadi juara. Juara 1 kategori Mobile Legends berhasil disabet oleh tim SMK Letris 2 Indonesia di Tangerang. Menyusul juara dua diraih oleh SMA Santa Maria 1 Bandung dan SMK Negeri 3 Surabaya sebagai juara 3.  

Sementara untuk kategori Valorant dimenangkan telak oleh tim SMAK St. Louis 1 Surabaya yang berhasil menyisihkan tim SMA Kr. Kanaan Banjarmasin sebagai juara dua dan SMK Strada 1 Jakarta.  

Pemenang juara pertama untuk kategori Valorant berhak mendapatkan piala bergilir yang secara resmi, dan telah diserahkan oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan UK Petra, Dr. Rudy Setiawan, S.T., M.T., ke SMAK St. Louis 1 Surabaya hari senin lalu (21/11). Menjadi juara, para siswa SMAK St. Louis 1 yang sekelas itu sangat bahagia. “Lombanya sangat menarik dan tentu saja prize poolnya banyak. Kami jadi tahu ada temen satu sekolah yang ternyata juga ikut sehingga makin ngeboost mental kita untuk game-game selanjutnya.”, rinci Tim Toto Weeb yang berasal dari sekolah berlokasi di jalan Polisi Istimewa Surabaya itu.  

Sementara itu, piala bergilir kategori Mobile Legends akan diserahkan oleh Kepala Marketing and Relations Department UK Petra, Jessie Monika, S.S., yang diterima langsung oleh para siswa pada hari Jumat (25/11) di sekolah daerah Tangerang.  

Menariknya seusai challenge ini, para peserta diajak untuk bergabung dalam komunitas Digital Education Warriors. Sebuah komunitas di bawah asuhan PD Inst yang akan ada beragam aktivitas diantaranya pelatihan keterampilan mencipta teknologi imersif. Hal ini selain untuk menjalin jejaring juga untuk menghadapi perkembangan dunia E-Sports yang semakin kompetitif sehingga semakin banyak anak muda Indonesia yang berprestasi hingga ke kancah Internasional. (Aj/JC) 

Facebook Comments