SHARE

Sebagai institusi pendidikan tinggi, memperkenalkan ilmu dan dunia industri pada siswa sekolah adalah salah satu kegiatan yang penting dilaksanakan. Dengan memperkenalkan ilmu dan industri, minat belajar para siswa pada suatu ilmu dan industri bisa ditumbuhkan. Program Studi (prodi) Teknik Industri Universitas Kristen Petra (UK Petra) menyelenggarakan kegiatan tahunan Industrial Competition 2017 (IC 2017) untuk memberikan pengetahuan mengenai dunia industri kepada siswa-siswi SMA dalam bentuk games, simulation, dan case study..

Tema khusus untuk kompetisi kali ini adalah “Incredible” yang merupakan singkatan dari Industrial e-Commerce Digital Battle, yang memadukan antara industri manufaktur, e-commerce, dan bisnis digital. Tema ini adalah simbol dari harapan bahwa dengan diadakannya Industrial Competition 2017, siswa-siswi SMA tertarik dengan dunia perindustrian dan semakin mengenal dunia e-commerce.

Kompetisi yang dilaksanakan pada tanggal 26-28 Oktober 2017 di atrium Pakuwon Trade Center Plaza Ciputra Surabaya ini diikuti oleh 348 peserta yang terbagi dalam 87 tim dari 18 sekolah di Jawa Timur. Di hari pertama tanggal 26 Oktober 2017 seluruh peserta mengikuti babak pertama kompetisi ini yang terdiri dari lomba-lomba dalam rangkaian rally games yang memperkenalkan prodi teknik industri dengan konsep fun and logic. Para peserta berlomba mendapatkan poin di 22 pos rally games yang tersebar di sekitar tempat acara. Dari babak ini disaring 20 kelompok dengan poin tertinggi dari 87 kelompok untuk maju ke babak kedua.

Babak kedua kompetisi dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2017 dimana keduapuluh kelompok yang meraih poin tertinggi melanjutkan kompetisi dengan mengikuti simulasi industrial. Masing-masing kelompok berlomba memaksimalkan keuntungan berdasarkan harga jual, biaya produksi, harga bahan dasar, dan perubahan kondisi yang terjadi di pasar. Peserta dapat membuat pasar jual dalam bentuk toko daring, sehingga bisa dilakukan transaksi antar peserta. Lima kelompok yang mendapatkan keuntungan tertinggi di babak kedua melaju ke babak final yang dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2017. Dalam babak final ini, para finalis diberikan materi tentang penerapan e-commerce. Berdasarkan materi ini para peserta diminta membuat kuesioner dan melakukan survey. Dari hasil survey ini para peserta melakukan analisa dan mempresentasikan hasil analisanya di depan dewan juri yang terdiri atas Dra. Indriati Njoto Bisono, M.Sc., Ph.D.; Dr. rer. nat., Siana Halim S.SI., M.Sc., nat., dan Drs. Jani Rahardjo, MBA., Ph.D. Muncul sebagai pemenang adalah juara satu dari SMAK St. Louis, juara dua dari SMAKr Petra 2 dan juara ketiga dari SMA Taruna Nusa Harapan Mojokerto. (noel/dit)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here