SHARE

King Sejong Institute (KSI) Surabaya menggelar acara penutupan unit kegiatan pada 27 November 2021 di Hotel JW Marriot Surabaya. Acara ini digelar dalam rangka mengakhiri rangkaian kegiatan unit kegiatan KSI Surabaya yang telah dilaksanakan selama satu semester. 

“Kegiatan ini merupakan proyek unit pertama yang diadakan oleh KSI Surabaya. Dibentuk untuk mewadahi bakat dan minat dari para pelajar di KSI Surabaya. Sama halnya seperti mahasiswa mengikuti UKM di kampus, pelajar KSI diberi kesempatan untuk mengembangkan apa yang ia gemari melalui unit-unit tersebut,” ujar Direktur KSI Surabaya, Dra. Liliek Soelistyo, M.A.

Terdapat delapan unit yang terbentuk, diantaranya adalah Unit Berbicara Bahasa Korea (Beginner), Unit Berbicara Bahasa Korea (Intermediate), Unit K-Food, Unit K-Beauty, Unit K-Pop Sing, Unit K-Pop Dance, Unit Drama Korea, serta Unit Film Korea. Sebelumnya, para peserta membentuk kelompok dan membuat proposal dan ada proses wawancara dan juga presentasi tentang masing-masing unit. Selama satu semester mereka berproses dan berkegiatan bersama. 

Dalam acara penutupan, para peserta mempresentasikan kegiatan apa saja yang sudah dilakukan bersama dan mempertanggungjawabkan anggaran yang telah diberikan. Para peserta harus menghasilkan sesuatu dari unit kegiatan ini dan mempresentasikannya hari ini. Karya yang dipresentasikan cukup beragam, ada yang menyanyi dan membuat video klip bersama, ada pula yang melakukan cover dance, hingga simulasi pemberian award kepada aktor film. 

“Harapannya dengan adanya unit kegiatan ini dapat mewadahi para peserta untuk dapat belajar berorganisasi, mengelola keuangan, selain itu juga untuk meningkatkan toleransi di antara para peserta yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Kegiatan ini menyatukan dan melintasi batas perbedaan baik suku, ras, agama, mereka disatukan karena memiliki minat yang sama,” ungkap Liliek. (rut/Aj)

Facebook Comments