SHARE

Albertus Christian Surya, mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) berhasil meraih Juara III dalam Broadfest 2021 kategori Photography yang diselenggarakan oleh HIMA Penyiaran Multimedia Universitas Indonesia. Ada beberapa kategori yang diadakan di lomba ini yaitu Announcing, Photography, dan Short Movie. Awarding Night Broadfest 2021 dilaksanakan pada tanggal 6 November 2021 secara daring.

Tema yang diangkat yaitu “Small Step, Big Impact”, para peserta diminta membuat karya dari hal kecil yang dapat memberikan dampak yang besar untuk diri sendiri dan orang lain. Yang terpenting dari karya adalah dapat memberikan dampak bagi sekitar. Pada kategori Photography, peserta diperbolehkan mengumpulkan maksimal dua karya beserta deskripsi karyanya dan sesuai dengan tema pada tanggal 10 Oktober 2021. Karya yang dikumpulkan juga harus original dan belum pernah dipakai lomba lainnya. 

Karya Albertus berjudul “Perubahan Kecil Demi Lingkungan”, dalam fotonya, terdapat tangan yang merupakan simbol dari diri sendiri yang memilih sedotan stainless diantara berbagai sedotan plastik sekali pakai yang tidak ramah lingkungan. Albertus mengambil foto tersebut karena melihat pemakaian plastik yang semakin banyak di masyarakat, termasuk dirinya sendiri. Ia menyadari bahwa plastik membutuhkan waktu sangat lama untuk terurai dan salah satu dampaknya adalah lautan yang penuh sampah plastik. 

“Melalui foto ini, saya ingin menyampaikan bahwa perubahan kecil yang bisa dimulai dari diri sendiri, dapat memberikan dampak positif untuk lingkungan. Jadi mari kita mulai melakukan perubahan yang baik untuk lingkungan, mulai dari diri sendiri saja dulu. Salah satunya dengan mengganti sedotan plastik yang sekali pakai dengan sedotan ramah lingkungan yang bisa dipakai terus,” ungkap alumni SMAKr. Petra 2 ini.

Albertus mengaku sempat mengalami kesulitan saat mencari ide konsep foto karena kondisi pandemi yang mengharuskan untuk di rumah saja.  Namun setelah mengikuti lomba ini, ia sadar jika mencari konsep dan foto bisa dari mana saja, termasuk dari rumah. “Kedepan, saya berharap untuk dapat mengikuti berbagai lomba foto lagi atau kategori lomba lainnya, sehingga saya dapat lebih mengasah skill di bidang fotografi serta explore bidang-bidang lainnya,” imbuhnya. (rut/dit)

Facebook Comments