SHARE

Mahasiswa Program International Business Management (IBM) secara rutin menyelenggarakan kompetisi bisnis setiap tahunnya. Tahun 2022 ini, kompetisi tersebut berjudul “Journey to the Unmapped”. Kompetisi yang diikuti oleh 125 peserta dari SMA di seluruh Indonesia ini mengenalkan factor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan suatu bisnis. Kompetisi yang digelar pada tanggal 8-10 April 2022 ini diselenggarakan secara hybrid luring dan daring. 

Di hari pertama kegiatan, para peserta mengikuti penyisihan berupa permainan secara daring dengan menggunakan bantuan aplikasi. Di hari kedua, para peserta yang lolos penyisihan mengikuti lomba berupa simulasi perdagangan internasional secara daring. Tujuh tim pemenang simulasi ini kemudian mengikuti workshop untuk mendapatkan penjelasan mengenai tugas yang perlu mereka presentasikan keesokan harinya di babak Final. Babak final berupa presentasi secara luring dilaksanakan pada hari ketiga di mall di Surabaya. Keluar sebagai pemenang kompetisi kali ini adalah tim dari SMAK Santo Augustinus Kediri.

Kompetisi ini selain memberikan manfaat bagi para peserta, juga dirasakan manfaatnya oleh panitia. Ivana Tejokusumo, selaku Koordinator Divisi Kesekretariatan panitia mengisahkan bagaimana panitia belajar mengatasi tantangan dan bekerjasama dengan tim, katanya “Kegiatan ini merupakan kegiatan kepanitiaan yang penuh dengan tantangan bukan hanya untuk saya, namun juga untuk seluruh panitia lainnya. Keputusan untuk mengadakan hari ketiga secara offline di Ciputra World Surabaya merupakan salah satunya. Meskipun begitu, kami sebagai panitia sangat bersyukur karena dengan adanya kegiatan ini, kami belajar untuk beradaptasi dengan situasi yang tidak menentu serta terus mendukung satu sama lain. Saya, secara pribadi, juga sangat bangga dengan pencapaian seluruh panitia yang telah bekerja keras demi kesuksesan kegiatan ini”.

Ivana juga membagikan harapannya setelah selesainya acara ini, yaitu “Saya sungguh berharap bahwa esensi dari tema kami ‘Journey to The Unmapped’ dapat terus menjadi pengingat bahwa perjalanan hidup kita dipenuhi ketidakpastian, namun kemampuan kita untuk terus beradaptasi dalam menghadapi segala macam situasi itulah yang akan membedakan kita dengan yang lainnya”. (noel/dit)

Facebook Comments