SHARE

Mengenalkan kebudayaan dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satu caranya adalah melalui film. King Sejong Institute (KSI) Surabaya menggelar kegiatan Korean Movie Day. Korean Movie Day diselenggarakan pada 14 Mei 2022 di CGV Marvell City Mall Surabaya. “Selain sebagai sarana pengenalan budaya Korea Selatan, kegiatan ini juga dapat digunakan sebagai sarana promosi KSI Surabaya kepada seluruh warga Surabaya yang hadir dalam pemutaran film. Sebelum film diputar, pihak KSI Surabaya mempersiapkan serangkaian acara untuk memperkenalkan KSI,” ujar Felicia Evelyn, selaku staf operasional King Sejong Institute Surabaya.

Kali ini, film yang diputarkan yaitu “Escape from Mogadishu”, mengusung genre drama thriller, Escape Mogadishu dibintangi oleh aktor ternama yaitu Jo In Sung dan Kim Yoon Seok. Film ini dibuat berdasarkan peristiwa nyata, yang mengisahkan pekerja kedutaan Korea Utara dan Korea Selatan yang terdampar saat Perang Saudara Somalia berlangsung. Pada saat bersamaan, kedutaan Korea Utara dan Korea Selatan berusaha melobi pemerintah Somalia untuk mencari dukungan agar diterima di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Saat Mogadishu ricuh akibat perang saudara, pejabat kedutaan Korea Selatan lainnya terjebak di Gedung Kedutaan dan orang-orang kedutaan yang terjebak berusaha untuk menyelamatkan diri dan keluar dari Mogadishu. 

Film “Escape from Mogadishu” dipilih karena berhasil meraih beberapa piala dan masuk box office, film ini juga akan mewakilkan Korea Selatan di ajang penghargaan Academy Awards atau yang lebih dikenal Piala Oscar tahun 2022. Selain itu film ini juga menceritakan tentang kisah nyata saat Korea Utara dan Korea Selatan masih berhubungan baik dan bekerja sama dalam upaya pelarian dari Mogadishu.

Film ini mengajarkan kita bagaimana cara kerja sama yang sesungguhnya, persahabatan yang terjalin tapi harus dihadapkan pada perpisahan, dan bagaimana kita memegang komitmen,” ungkap Felicia.

Kegiatan ini diikuti oleh 275 peserta yang terdiri dari berbagai latar belakang, diantaranya murid KSI, mahasiswa, alumni, dosen, serta karyawan UK Petra. Para peserta begitu antusias menyaksikan para aktor beradu peran. Menambah kemeriahan, KSI Surabaya memberikan doorprize berupa voucher CGV dan tumbler BT21 kepada peserta yang beruntung. (rut/dit)

 

Facebook Comments