SHARE

Selama 60 menit, salah satu pencipta lagu “Lathi”, Eka Gustiwana, akan berbagi pengalaman dan ilmunya dengan siswa-siswa SMA dan mahasiswa dari berbagai instansi pada hari Sabtu tanggal 14 Mei 2022 mulai pukul 10.00 hingga 14.00 WIB yang diadakan secara daring.

Acara SOUL 2022 diusung oleh UKM Vocal Group di bawah naungan BEM UK Petra dengan mengangkat tema “The Cost of Viral Music” yang artinya harga dari sebuah musik yang dikenal oleh banyak orang. Contoh musik yang pernah viral hingga mancanegara ialah lagu “Lathi” dari Weird Genius yang berkolaborasi dengan Sara Fajira.

Di awal penjelasannya, Eka memberikan sedikit sharing dan filosofi sebelum menjelaskan teknis membuat komposisi lagu yang unik. Menurut Eka, seorang musisi harus mengulik atau menganalisis sendiri sebuah lagu sembari menulis-nulis untuk mengasah rasa dari lagu tersebut.

“Kalau mau sukses, harus kreatif dan konsisten serta punya karakter sendiri sehingga bisa menghasilkan kuantitas dan kualitas,” ujar Eka yang mulai berkarir sejak tahun 2008.

Setelah menjelaskan secara lisan mengenai sharing dan filosofi dalam bermusik, Eka melanjutkan dengan penjelasan secara teknis. Lagu yang digunakan untuk menjelaskan materi Music Workshop SOUL 2022 ini adalah “Lathi” dari Weird Genius dan “Markisa” dari Cinta Laura.

Eka memberikan dua prinsip dasar dalam mengaransemen. Pertama, jangan memberi tambahan aransemen yang terlalu rumit, arranger harus menyesuaikan dengan vocal-nya. Kedua, pencipta lagu perlu membuat pendengar ikut menghayati lagu yang ia buat sehingga mereka akan berpetualangan seperti menaiki roller coaster.

“Kita harus membuat journey dalam lagu kita. Jadi, orang yang mendengarkan lagu kita diajak ber-experience seperti naik roller coaster. Kalau lagunya naik, pendengar juga ikut naik,” tutup Eka. (cyn/Aj)

 

Facebook Comments