SHARE

Visual Communication Design Program (VCD) Universitas Kristen Petra (UK Petra) kembali menggelar Adiwarna 2022 secara onsite di Balai Pemuda Surabaya. Adiwarna digelar pada 12-14 Agustus 2022. Dikenal sebagai pameran karya tugas akhir mahasiswa DKV, Adiwarna 2022 mengusung tema “Dispercy through Divergency” yang memotivasi setiap mahasiswa untuk fokus pada masukkan dan komentar positif untuk mengembangkan identitas karya mereka masing-masing. “Pada Adiwarna tahun ini, kami ingin memotivasi para desainer untuk tidak melulu fokus pada komentar negatif. Mereka harus fokus pada insight positif, supaya mereka lebih paham karya apa yang bisa dibawakan,” ujar Timothy Aldorino Budiono selaku ketua Adiwarna 2022.  

Sebanyak 42 karya tugas akhir terbaik dari mahasiswa VCD tertata rapi sesuai dengan enam kategori yang ada. Karya-karya tersebut terbagi dalam kategori Campaign, Business Innovation, Media Interactive, Graphic Design, Thesis, dan Community Engagement. Selanjutnya, karya-karya tersebut dipilih melalui Bedah Karya. Beberapa karya mahasiswa terbaik dari setiap kategori akan dipresentasikan. Selain pameran, rangkaian kegiatan Adiwarna lainnya yaitu  workshop dan talk show yang bertujuan untuk memperkenalkan Visual Communication Design Program. “Di sini juga ada workshop dan talk show bagi mahasiswa VCD supaya mereka lebih kenal dengan programnya dan diharapkan dapat mengerti passion mereka masing-masing,” imbuh Timothy.  

Tak hanya pameran, workshop, dan talk show, para pengunjung juga dapat menikmati berbagai performance seperti live music. Selain sebagai media untuk menampilkan tugas akhir, pameran karya Adiwarna juga dimaksudkan untuk dapat memberikan dampak bagi masyarakat melalui kolaborasi nyata. Hal ini disampaikan oleh M. Afghani Wardhana S., S.E., M.M. dalam pidato pembukaan di hari pertama. “Kami berharap ada sinergi dan kolaborasi antara pemerintah kota Surabaya dengan Universitas Kristen Petra, sehingga kita bisa berkolaborasi untuk mendidik dan membina para mahasiswa.” Staf Ahli Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan tersebut juga berharap supaya mahasiswa yang lulus dapat benar-benar memiliki keunggulan untuk berkarya di lingkungan sekitar. “Kami berharap mahasiswa dapat memiliki keunggulan untuk pemberdayaan masyarakat,” imbuhnya. (din/rut) 

Facebook Comments