SHARE

Secara serentak, 17 Agustus 2022, seluruh rakyat Indonesia dengan gembira merayakan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan. Tahun ini, dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia mengangkat slogan“Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.  

Berbeda dari upacara dua tahun sebelumnya, peringatan Kemerdekaan RI ke-77 Universitas Kristen (UK) Petra akhirnya melakukan upacara secara offline. Upacara tersebut dilaksanakan di lapangan timur Gedung Q UK Petra. Tepat pukul 08.00 WIB, para peserta upacara mengenakan pakaian seragam hitam dan putih, batik, dan pakaian adat daerah, tampak antusias dan rapi berbaris selama upacara berlangsung. 

Prosesi upacara diawali dengan pembukaan, lalu dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih yang dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sembari diiringi lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Upacara berlangsung dengan khidmat, dilandasi penghormatan yang penuh terhadap jasa-jasa pahlawan kemerdekaan yang telah berjuang melawan penjajah. Agus Arianto Toly, S.E., Ak., M.S.A. selaku inspektur upacara turut membacakan teks proklamasi. 

Pada kesempatan itu, inspektur upacara membacakan surat sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek). Disampaikan bahwa perjuangan menggapai kemerdekaan telah tercatat dalam sejarah. Kita tidak boleh berhenti dan terus melangkah. “Upacara yang kita hadiri itu kesempatan bagi kita untuk melihat kembali bagaimana perjuangan untuk kita merdeka”, tuturnya. 

Sebelum prosesi upacara berakhir, UK Petra juga memberikan penghargaan 10% pada 29 mahasiswa UK Petra dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terbaik. Tak hanya itu, upacara peringatan Kemerdekaan RI ke-77 juga diwarnai dengan pemberian hadiah lomba kepada peserta upacara yang memakai baju adat daerah terbaik.(Rap/Aj) 

Facebook Comments