SHARE

Dalam rangka memperingati Hangeul Day yang jatuh setiap 9 Oktober, King Sejong Institute (KSI) Surabaya menggelar Korean Culture Day. Kegiatan ini dilaksanakan pada 14 Oktober 2022 di SMP Kristen Petra Acitya Surabaya. Kegiatan diikuti oleh 400 siswa-siswi SMP Kristen Petra Acitya dan orang tuanya.  

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan Korea kepada teman-teman di SMPKr. Petra Acitya, sekaligus untuk mempromosikan KSI Surabaya. Kami juga menyediakan booth, jika peserta ingin mengetahui lebih lanjut tentang KSI,” ujar Felicia Evelyn, selaku staf operasional KSI Surabaya. 

Korean Culture Day 2022 terdiri dari beberapa booth, diantaranya yaitu booth kaligrafi, peserta akan mendapatkan kipas bertuliskan nama mereka dengan menggunakan Hangeul, booth stempel Hangeul, peserta dapat belajar menuliskan kalimat menggunakan stempel Hangeul, serta booth Hanbok Photobooth, peserta dapat mengenakan baju tradisional Korea dan berfoto. Selain itu, peserta juga dapat mencicipi hidangan Korea, antara lain kimchi, bulgogi, japchae, dan Tteokbokki .  

Tidak hanya itu, pada kegiatan ini juga terdapat berbagai performance dari siswa-siswi SMPKr. Petra Acitya, mulai dari menyanyi lagu Korea, hingga K-pop Dance. Para peserta mendapatkan kartu yang berisi berbagai booth yang ada, jika mencoba di booth akan mendapatkan stempel. Jika stempel sudah lengkap, peserta berhak menukarkan dengan souvenir dari KSI. 

Antusias para siswa-siswi dan orang tua yang hadir begitu tinggi, salah satunya Stanislaus Bryan Ananta. “Saya sudah mencoba semua, mulai makanannya, kaligrafi, dan berfoto dengan Hanbok. Acara ini sangat keren, kami jadi tahu budaya dari negara lain, saya bisa mencoba menggunakan pakaian tradisional Korea, makanannya, dan lainnya. Awalnya malu saat akan mencoba pakaiannya, tapi bersama-sama dengan teman-teman, kami memakai dan berfoto bersama,” ungkap siswa kelas IX itu. (rut/Aj) 

Facebook Comments