SHARE

Universitas Kristen Petra (UK Petra) kembali berpartisipasi dalam program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan ke-3 tahun 2022. Sebanyak 18 mahasiswa dinyatakan lolos seleksi program yang digagas oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).   

Sebuah kesempatan emas bagi para mahasiswa untuk terjun langsung di dunia usaha dan dunia industri. Di periode ini, Kemendikbudristek setidaknya membuka kesempatan bagi lebih dari 19 ribu mahasiswa untuk melakukan magang dan studi di lebih dari 226 mitra perusahaan yang telah diverifikasi Dirjen Dikti. 

Sebagai apresiasi, maka pelepasan duta MSIB UK Petra ini digelar pada Senin, 8 Agustus 2022 pukul 09.00 WIB di Sheraton Surabaya Hotel-Ballroom 1. “Selamat bagi yang telah lolos seleksi program MSIB batch 3. Semoga teman-teman dapat memanfaatkan kesempatan emas ini untuk berkembang dan mencari pengalaman dengan para mentor yang handal di bidangnya” ujar Nurhadi Irbath, S.T., CEC., LCC., selaku Wakil Ketua Project Management Office Kampus Merdeka 2022. Hadir juga Haryo Kusuma Wibawa, S.T., C.P.C., sebagai Ketua Program MSIB Kemendikbud Ristek yang menyampaikan sekilas pandang MSIB kepada mahasiswa UK Petra. 

“Sebuah berita bahagia. Para mahasiswa UK Petra ini bersaing dengan mahasiswa dari PTN/PTS di seluruh Indonesia. Program MSIB bukan program magang biasa. Para mahasiswa akan mendapatkan Industrial Experience dan tentu saja menambah nilai dalam portfolio. Bahkan hasil kerja para mahasiswa ini dibayar oleh pemerintah melalui LPDP”, kata Sastra Budiharja, S.Psi., M.Th, Kepala Pusat Karir UK Petra, Jumat (5/8/2022). 

Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa UK Petra mampu bersaing dengan mahasiswa dari universitas lainnya di Indonesia. Terdapat dua kategori dalam program MSIB, yaitu Magang Bersertifikat dan Studi Independen Bersertifikat.  

Magang Bersertifikat merupakan bagian dari salah satu pelatihan kerja yang dipercepat sesuai dengan pengalaman belajar yang dirancang dengan baik sedangkan Studi Independen Bersertifikat merupakan pembelajaran yang dirancang khusus sesuai dengan tantangan nyata dengan praktik berupa kursus singkat, bootcamp, dan lain-lain.  

Sastra yang sekaligus menjadi PIC program MSIB di UK Petra menjelaskan bahwa mahasiswa yang bisa mendaftar program ini merupakan mahasiswa semester 5. Keuntungannya sangat banyak jika lolos MSIB ini. “Selain bersertikat, program yang berjalan selama satu semester ini dapat dikonversi menjadi 20 SKS.”, tutup Sastra. (Lad/Aj) 

 

Facebook Comments