SHARE

Pada 1 Agustus 2022, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Kristen Petra (UK Petra), Indonesia dan Faculty of Architecture Silpakorn University, Bangkok melaksanakan penandatanganan kesepakatan kerja sama kegiatan akademis. Berlokasi di perpustakaan Faculty of Architecture Silpakorn University, MoU ditandatangani oleh Rully Damayanti, Ph.D dari UK Petra dan Non Khuncumchoo, Ph.D dari Silpakorn.  

Kerja sama kegiatan akademis meliputi MoU, Studio kolaborasi, Studi ekskursi, hingga menjalin kerja sama baru. Studio kolaborasi dengan tema Projecting Cities: Bangkok and Surabaya telah dilaksanakan secara bersama-sama selama satu semester baik secara online maupun onsite sebanyak 100 mahasiswa dari UK Petra dan 60 mahasiswa Silpakorn 

Mahasiswa diminta merencanakan dan mendesain bagian dari kawasan tua di Bangkok dan Surabaya seluas kurang lebih 30 hektar. Talad Noi di Bangkok merupakan kawasan budaya yang bersejarah bagi penduduk keturunan China. Kawasan ini mulai bangkit kembali dengan menjadi area perdagangan serta area fasilitas kreatif bagi turis.  

Sementara itu untuk Surabaya berada di kawasan kota lama Surabaya (kolonial dan Pecinan) yang jadi jujugan pembelajaran, kini kawasan itu menjadi kawasan perdagangan dan berpotensi menjadi daerah wisata. “Dalam proses perencanaan kawasan, mahasiswa perlu melakukan observasi lapangan untuk memahami secara langsung kawasan yang akan direncanakan. Sehingga pada tanggal 27 Juli hingga 2 Agustus 2022 lalu, 21 mahasiswa dan 4 dosen UK Petra melakukan kunjungan ke Bangkok sekaligus melakukan kegiatan studio onsite dan perkuliahan bersama mahasiswa Silpakorn,” ujar Rully.  

Disela-sela jadwal studio, mahasiswa UK Petra juga melakukan studi ekskursi ke berbagai arsitektur bersejarah dan kontemporer di Bangkok. Hal ini untuk mengalami secara langsung kehidupan sosial yang terjadi di kota Bangkok. “Agar memperkaya data makro keadaan sosial budaya dalam melakukan analisis urban bagi proyek studio mahasiswa.”, tambah Rully.  

Selain itu Prodi Arsitektur juga membuka kerjasama dengan biro arsitek Junn Architects di Bangkok, sehingga pada hari terakhir mahasiswa dan dosen mengunjungi kantor biro tersebut di dalam suatu kawasan dengan arsitektur yang menarik. Pada pertemuan ini principal dari Junn Architects, yaitu Nantapon Junngurn, memberikan kesempatan bagi mahasiswa Prodi Arsitektur UK Petra untuk magang.  

Facebook Comments