SHARE

Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Kristen Petra (HIMATEKTRA) menggelar Electric Vehicles Development Webinar pada 29 Mei 2021. Mengangkat tema “Opportunities in The Era of Electric Vehicles”, webinar ini bertujuan untuk memunculkan awareness mengenai teknologi mobil listrik kepada mahasiswa UK Petra, terutama mahasiswa aktif Program Studi Teknik Mesin dan Otomotif serta Teknik Elektro. Sehingga mahasiswa dapat menyadari bahwa peluang yang dimiliki Indonesia dalam mengembangkan teknologi mobil listrik sangat tinggi. 

Melalui webinar ini, mahasiswa juga diberikan materi mengenai konsep mobil listrik, sehingga dapat memunculkan ide atau inovasi seputar mobil listrik dari mahasiswa. “Semakin hari suhu di bumi semakin meningkat, bahan bakar juga semakin langka, tentu electric vehicles merupakan salah satu alternatifnya. Perkembangan teknologi mobil listrik memberikan sesuatu hal yang baru, diantaranya lapangan pekerjaan dan juga opportunities di bidang electric vehicles. Dengan adanya webinar ini, kami berharap dapat memberikan insight bagi peserta mengenai peluang apa yang dapat diambil di era mobil listrik ini,” ujar Nandya Thomas Eulia, selaku ketua panitia.

Hadir sebagai pembicara dalam webinar ini yaitu Dr.-Ing. Mohammad Adhitya, S.T., M.Sc., Direktur Research Center for Advanced Vehicle Universitas Indonesia (RCAVe-UI). Menurutnya latar belakang yang mendorong perkembangan kendaraan listrik di dunia itu berbeda dengan yang latar belakang di Indonesia. Ia meminta mahasiswa untuk dapat cermat melihat peluang sesuai dengan latar belakang. Tidak dapat dipungkiri bahwa electric vehicles adalah masa depan, negara-negara di Eropa dan Jepang sudah mulai melarang penggunaan kendaraan konvensional dan beralih ke mobil listrik. “Anda bisa mulai membuat electric vehicles, mulai dari yang sederhana, anda bisa beli di market place yang ada, kemudian merubah atau membuat kendaraan-kendaraan yang kecil seperti itu. Jika anda ikut kompetisi mobil hemat energi, di kelas kendaraan listrik, anda bisa mulai berkompetisi dan belajar di sana,” pesan dosen yang sedang meneliti tentang mobil terbang ini. (rut/Aj)

Facebook Comments