SHARE

Tamara Regina Darmawan, mahasiswa International Bussiness Engineering (IBE) berhasil menyabet penghargaan Best Presentation dalam konferensi berskala internasional bertajuk International Conference on Industrial and Systems Engineering, Technology, Innovation, and Management (ICISETIM) 2022 kategori Management Science. Konferensi ini diselenggarakan oleh Universitas Kristen Maranatha. Dalam konferensi internasional ini, mahasiswi ini berhasil mendapatkan penghargaan dalam kategori Sustainability. Konferensi yang dihadiri oleh berbagai kalangan dari berbagai negara ini berlangsung secara daring pada 22 April 2022 – 23 April 2022 dan mengangkat tema Innovative Contributions Toward Sustainability to Encounter the Impacts of COVID-19 Pandemic. Konferensi internasional ini mengusung berbagai tema riset, diantaranya yakni Management Science, Sustainable Management, Safety Engineering, dan masih banyak lagi.

“Tidak menyangka bisa dapat penghargaan itu,” ujar Tamara. Dara kelahiran Bali tersebut mengungkapkan bahwa penelitian yang dia usung merupakan riset promosi seminar online miliknya melalui e-mail campaign yang diselenggarakan pada November 2021. Tamara mengusung pentingnya mendapatkan exposure pemasaran melalui e-mail campaign, mengingat e-mail merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia di era digital ini. Dengan waktu pengerjaan yang terbilang singkat, Tamara berusaha mengerjakan tugas dengan semaksimal mungkin. “Aku tidak pernah berhenti baca-baca dan konsultasi dengan dosen untuk memastikan apa yang aku akan bicarakan di konferensi nanti memang nyata dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya. 

Tamara juga mengutarakan bahwa ia harus berhadapan dengan berbagai macam kalangan, S1 hingga S3, dari berbagai macam negara saat presentasi berlangsung. “Awalnya minder sih, ya. Cuma aku yakin sama apa yang aku presentasikan,” ucapnya. Mahasiswa tahun pertama UK Petra tersebut juga menyatakan bahwa ia sangat bersyukur dapat terpilih untuk mengikuti ajang bergengsi tersebut, dimana Ia dapat mengungkapkan gagasan penelitiannya di hadapan para peserta lain selama acara berlangsung “Bersyukur bisa ikut konferensi ini karena aku belajar banyak dari penelitian ini dan ketemu sama orang-orang dari berbagai tempat dan background,” imbuhnya.

Tamara menuturkan bahwa dia tidak menemukan kesulitan yang berarti selama proses pembuatan presentasi berlangsung. Alumni SMA Dyatmika Bali tersebut menyatakan bahwa dosen pembimbing sangat kooperatif dan suportif sehingga membuat Tamara semakin yakin akan penelitian dan presentasinya. 

Dengan perolehan penghargaan Best Presentation ini, Tamara berharap bahwa mahasiswa Universitas Kristen Petra dapat mendalami dan mempertajam kemampuannya dalam proses pengembangan potensi diri. Tamara menambahkan bahwa kondisi pembelajaran online seperti saat ini tidak mengubur keinginannya untuk terus belajar dan berproses dengan hal-hal baru. (din/dit)

Facebook Comments