SHARE

SEO… Rasanya pernah dengar, tapi masih bingung?

Apa sih SEO itu?

SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencari merupakan proses mendapatkan traffic dari hasil pencarian gratis, organik, editorial, atau natural di mesin pencari. SEO bertujuan untuk meningkatkan posisi website Anda di halaman hasil pencarian. Ingat, semakin tinggi peringkat web Anda, semakin banyak orang akan melihatnya. Hal ini penting karena merupakan salah satu cara untuk membuat brand, website, atau bisnis Anda dapat ditemukan oleh mesin pencari sebagai digital marketers.

Oleh karena itu, penting sekali memahami dua komponen penting dalam SEO yaitu:

  1. Optimasi on-page

On page adalah upaya SEO yang dapat kita kontrol dan kuasai. On-page dibagi menjadi 2 yaitu:

  • Content

Contoh dari konten adalah gambar, video, artikel, cerita, wawasan, pemilihan keyword, audio, scheduling content, dan info atau kontak.

  • Technical

Contoh dari technical adalah Google-friendly, site tags, meta tags, site performing, links, keywords, penamaan file, Responsive, dan lain sebagainya.

  1. Optimasi off-page

Offpage adalah upaya SEO yang dapat tidak dapat kita kontrol tetapi data mendorong performa di Google. Off-page dapat berupa backlinks, media sosial, blogging, article marketing, press release, forum, dan influencer marketing.

Nah setelah Anda mengenal SEO dan komponennya, Mari kita pelajari bersama apa saja benefit SEO dalam digital marketing?

  1. Meningkatkan kredibilitas Anda.

Web yang berperingkat tinggi di halaman hasil mesin pencari biasanya dianggap berkualitas tinggi dan dapat dipercaya oleh mesin pencari. Hal ini dapat membuktikan kredibilitas bisnis Anda.

  1.  Gratis

Meskipun SEO memiliki versi berbayar yang dikenal dengan SEM (Search Engine Marketing), SEO sendiri tidak memakan biaya apapun. Hal ini sangat menguntungkan marketers yang tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan dalam memasarkan bisnis nya.

  1. Dapat menjangkau target yang lebih luas.

Tidak seperti kampanye pemasaran lain yang cenderung fokus pada target audiens yang terbatas atau spesifik, SEO dapat membantu Anda menarik perhatian siapa pun, di mana pun, dan kapan pun. Jika Anda menargetkan kata kunci, bukan demografi, Anda dapat menarik lebih banyak prospek yang mungkin tertarik pada bisnis Anda.

  1. Mendukung content marketing.

SEO juga dapat mendukung upaya pemasaran konten Anda. Pastikan konten Anda berkualitas tinggi dan dioptimalkan untuk kata kunci yang spesifik. Terlebih lagi, pastikan Anda memperbarui konten Anda secara teratur.

  1. Memaksimalkan kampanye pemasaran berbayar.

Kampanye pemasaran berbayar seperti SEM dapat membantu website Anda muncul di bagian atas hasil pencarian berbayar, sementara SEO melakukan hal yang sama secara organik. Memiliki kedua hasil berbayar dan organik yang muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari dapat meningkatkan kredibilitas brand Anda.

SEO memiliki manfaat yang sangat besar bagi website  membantu brand Anda dalam pertumbuhan jangka panjang. Brand yang berinvestasi dalam SEO juga dapat membangun kredibilitas dan kepercayaan dengan audiens. Hal ini menjadikan SEO bagian penting dari strategi pemasaran digital.

Ingin cari tahu lebih lengkap mengenai topik serupa? Yuk, tonton WHITESPACE di Youtube & IG TV lia s. Associates @liasidik!

Facebook Comments