SHARE

Ketika membangun bisnis sendiri, siapa sih yang gak mau sukses? Nah, salah satu kunci kesuksesan kamu adalah dengan melakukan analisis SWOT terhadap bisnis yang kamu miliki. Kok bisa sih?

Hal itu karena dengan melakukan analisis SWOT, kamu dapat mengetahui jenis-jenis value yang dimiliki bisnis kamu, value yang butuh ditingkatkan oleh bisnis kamu, maupun value yang harus dihilangkan dari bisnismu. Kamu akan semakin terbuka akan situasi yang mempengaruhi jalannya bisnismu. Dari komentar pelanggan, saingan terbaru yang muncul, atau trend-trend terbaru yang harus dipertimbangkan.

Kamu dapat mengetik analisis SWOT di dalam suatu dokumen, atau bahkan tulis tangan. Regardless, SWOT itu sendiri terdiri atas empat bagian, yang merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity, and Threat. Empat bagian tersebut adalah:

  1. Strength

Pada bagian ini, kita akan menuliskan faktor kekuatan atau keunggulan (internal) yang dimiliki oleh bisnismu ketika dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Misalnya, kamu memiliki restoran, Strength kamu bisa saja rasa masakan yang sangat enak (berarti memiliki chef atau recipe yang bagus), manajemen yang baik, dan lain-lain. Hal yang kamu tulis dalam kategori ini harus dipertahankan, dan jika bisa ditingkatkan.

  1. Weakness

Tidak ada hal yang sempurna. Bisnis yang kamu miliki pasti memiliki kekurangan. Kamu dapat mendapatkan isi pada kolom ini dengan bertanya kepada konsumen, atau melakukan diskusi dengan internalmu. Masih dengan skenario pemilik resturan. Kelemahanmu bisa saja kurang melakukan promosi, sehingga tidak banyak orang yang tahu tentang restoranmu, waktu menunggu untuk makananan datang cukup lama, atau tidak adanya layanan online delivery melalui platform food delivery untuk resturanmu sehingga memesan makanan di sana menjadi lebih susah pada masa pandemi ini.

  1. Opportunity

Banyak peluang yang ada. Permasalahannya adalah apakah kamu ingin meraih peluang tersebut atau tidak. Misalnya, pada masa sekarang, salah satu peluang adalah online food delivery dengan memasang discount, atau trend seperti jenis makanan tertentu yang sedang digemari orang, atau penyediaan package food yang bisa tahan lebih lama.

  1. Threat

Hal yang harus selalu kita antisipasi, tentu saja adalah ancaman. Bisa jadi ancaman yang dapat diduga; misalnya restoran kompetitor lebih terkenal dikarenakan mereka memasang discount yang besar pada suatu platform food delivery. Atau bisa juga, merupakan hal yang tidak diduga, seperti pandemi ini, yang mengharuskan kamu untuk mengadaptasi business model, maupun hal-hal lain yang mungkin terjadi nantinya.\

Bagaimana? Apakah kamu sudah merasa dapat mengaplikasikan analisis SWOT di atas? Tell us more about it in comment section!

Ingin cari tahu lebih lengkap mengenai topik serupa? Yuk, tonton WHITESPACE di Youtube & IG TV lia s. Associates @liasidik!

Facebook Comments