SHARE

Pastinya Anda sering melihat orang-orang sukses dan berpikir….

“Kenapa sih kok mereka bisa sukses?”

“Mereka produktif sekali!”

Dan pastinya Anda ingin menjadi seperti orang-orang sukses tersebut. Anda tidak sendiri dalam keinginan Anda untuk menjadi sukses. Semua orang di dunia ini ingin mencapai kesuksesan, baik itu kesuksesan pribadi maupun karir.

Tapi bukannya kalau mau sukses itu perlu mengorbankan kebahagiaan?

Sukses dan kebahagiaan adalah kombinasi yang kita semua ingin capai. Namun masalahnya, bagaimana caranya agar kita bisa lebih sukses tanpa mengorbankan kebahagiaan diri? Di sini mari kita gali high performance habits yang banyak dijalani orang-orang sukses tersebut.

  1. Temukan kejelasan

Temukan kejelasan yang dimaksud adalah untuk menganalisis diri sendiri dan cari tahu apa yang ingin Anda ubah dari diri Anda. Para high performers tidak mendapatkan kejelasan mereka, namun mereka secara aktif mencari kejelasan mereka sendiri. High performers selalu dalam siklus mengevaluasi diri dan menentukan apa yang mereka inginkan. Anda dapat mencari kejelasan dengan berfokus pada empat hal ini yaitu: diri sendiri, keterampilan, sosial, dan pelayanan. Bagaimana Anda ingin menggambarkan diri ideal Anda? Bagaimana Anda ingin berperilaku di situasi sosial? Keterampilan apa yang ingin Anda kembangkan dan tunjukkan? Layanan apa yang ingin Anda berikan?

  1. Burnout is not the answer

Dalam kesehariannya, banyak orang akan sering merasa lelah. Tapi anehnya banyak high performer yang tidak lelah sama sekali dalam aktivitasnya. Jadi apa rahasia mereka? High performer lebih cenderung untuk beristirahat sejenak di tengah aktivitas mereka. Istirahat seperti memejamkan mata, memberikan diri mereka istirahat singkat yang melepaskan ketegangan sehingga mereka siap untuk melakukan aktivitas berikutnya. Jika Anda ingin merasa lebih berenergi dan lebih efektif di tempat kerja sambil menyisakan energi untuk menikmati kehidupan pribadi Anda, istirahatkan pikiran dan tubuh Anda setiap 45 hingga 60 menit.

  1. Tingkatkan kebutuhan untuk sukses

Sebelum melakukan suatu aktivitas, high performers meningkatkan kebutuhan “Mengapa  sih penting bagi mereka untuk melakukan yang terbaik?” Untuk meningkatkan kebutuhan untuk sukses, Anda harus mengetahui untuk siapa Anda melakukan suatu hal. Tanyakan pada diri Anda sendiri, “Siapa yang membutuhkan saya untuk menjadi melakukan yang terbaik?” dan itu mengembalikan fokus Anda pada aktivitas yang dilakukan.

  1. Tingkatkan produktivitas

High performer meningkatkan output yang penting, yaitu mengerjakan hal utama secara konsisten untuk kesuksesan jangka panjang. Dengan mengubah pola pikir Anda seperti itu, Anda dapat mengetahui gangguan yang harus dihindari hingga keterampilan apa yang harus Anda kembangkan untuk mencapai sesuatu.

  1. Tunjukkan keberanian

Ketika high performer dihadapi oleh situasi yang berisiko dan menakutkan, mereka cenderung berani untuk mengutarakan pendapat mereka. Mereka lebih sering membagikan kebenaran dan ambisi mereka dibandingkan orang lain. Mereka tidak hanya menerima bahwa proses akan sulit, tetapi mereka menghargai bahwa bekerja melalui kesulitan tersebut diperlukan untuk meraih kesuksesan, sehingga membuat mereka tidak terlalu merasa takut.

Jika Anda ingin menyelesaikan lebih banyak, memimpin orang lain lebih baik, mengembangkan keterampilan lebih cepat, atau meningkatkan kebahagiaan dan kepercayaan diri Anda, kebiasaan tersebut dapat membantu Anda untuk mencapainya. Jadi tunggu apa lagi? Jadilah orang sukses dengan kebiasaan-kebiasaan diatas.

Ingin cari tahu lebih lengkap mengenai topik serupa? Check out WHITESPACE! di Youtube & IG TV lia s. Associates @liasidik!

 

Facebook Comments