SHARE

Akhir-akhir ini banyak sekali brand asli Indonesia yang memakai artis korea sebagai brand ambassador mereka.

Seperti Whitelab yang memakai Sehun dari EXO sebagai brand ambassador, MS Glow yang memakai Cha Eun Woo sebagai brand ambassador, serta Somethinc yang memakai NCT Dream sebagai brand ambassador mereka.

Ketika kita melihat ini dalam kacamata promosi, strategi ini tidaklah salah.

Dengan semakin meningkatnya penggemar budaya Korea di Indonesia, semakin banyak atensi yang didapatkan oleh brand tersebut. Terutama mengingat remaja perempuan yang merupakan market dari produk-produk di atas juga merupakan penggemar dari artis-artis korea tersebut.

Peningkatan sales akibat hal ini adalah hal yang sangat memungkin. Akan tetapi, polemiknya datang dari kacamata moral. Ketika produk kecantikan berasal dari Indonesia, dengan market yang jelas-jelas merupakan orang Indonesia, memakai orang korea sebagai brand ambassador mereka—hal tersebut dianggap “inappropriate”.

Hal ini dikarenakan unsur intrinsik yang ada pada produk-produk kecantikan. Ketika kita menggunakan produk tersebut, kita akan melihat mereka dari segi warna kulit, rambut, bentuk wajah, dan sebagainya. Padahal secara fisik, orang Indonesia dan Korea memiliki perbedaan yang sangat jelas dalam aspek ini.

Ketika produk yang kita gunakan memiliki orang korea sebagai brand ambassador; ada kemungkinan beauty standard yang menggabungkan aspek-aspek tersebut akan mulai menjadi-jadi. In the first place, the natural already looks very different.

Penggunaan orang Korea sebagai brand ambassador bisa dibilang merupakan suatu kasus misrepresentasi untuk banyak kalangan di Indonesia. Sudah banyak orang yang mulai vokal akan ketidaksetujuan mereka dengan penggunaan orang Korea sebagai brand ambassador untuk produk kecantikan.

Terdapat argumen bahwa hal terpenting adalah menaikkan kesadaran bahwa beauty standart tersebut tidaklah realistik. Terlepas dari argumen tersebut, apakah kamu setuju atau tidak mengenai hal ini?

Ingin cari tahu lebih lengkap mengenai topik serupa? Check out WHITESPACE di Youtube & IG TV lia s. Associates @liasidik!

Facebook Comments