SHARE

Universitas Kristen Petra (UK Petra) patut berbangga atas perolehan Peringkat ke-18 Nasional Pemeringkatan Bidang Kemahasiswaan (SIMKATMAWA) 2021 yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) pada Desember lalu. 

SIMKATMAWA merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Mahasiswa. Bertujuan meningkatkan mutu institusi perguruan tinggi dalam rangka mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Selain itu, penilaian juga diharapkan dapat menunjang pertumbuhan perguruan tinggi dalam pengembangan bakat minat, penalaran, kreativitas, bela Negara dan kewirausahaan mahasiswanya. 

Pemeringkatan setiap tahun ini memiliki beberapa kategori penilaian diantaranya kriteria pelaporan dokumen manajemen institusi, kriteria pelaporan kegiatan MBKM-non lomba, lomba mandiri non DIKTI dan lomba DIKTI.

Terpilihnya UK Petra dalam jajaran peringkat 18 Nasional, tentunya tidak lepas dari peranan elemen pendukung universitas. Seperti mahasiswa (lembaga kemahasiswaan), program studi (prodi) serta unit pendukung yang senantiasa memberi sumbangsih penelitian, pengabdian masyarakat dan kegiatan lainnya.  

Beberapa program dan prodi UK Petra yang turut mendukung keberhasilan tahun ini adalah English for Creative Industry Program melalui kegiatan lomba NUDC dan Internasionalisasi, Prodi Teknik Sipil melalui kegiatan Civil Analysis dan Photography, Prodi Arsitektur melalui ACD Awards 2020 & Architecture Festival Petra 2020, Sustainable Mechanical Engineering and Design Study Program melalui kegiatan Kontes Mobil Hemat Energi, International Business Management Program melalui kegiatan Lomba NUDC. Tim Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) dan Fakultas Humaniora dan Industri Kreatif (FHIK) juga mendukung melalui kegiatan PKM & Bharatika Creative Design Festival. 

Dengan perolehan Peringkat ke-18 Nasional SIMKATMAWA 2021, UK Petra perlu usaha untuk mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi di tahun-tahun berikutnya. 

“Harapannya kita bisa naik hingga masuk 10 besar secara nasional. Bahkan menjadi kampus swasta dengan peringkat pertama di Pemeringkatan SIMKATMAWA” terang Raymond Arif T, S.Kom selaku staf Pembinaan & Pengembangan Kemahasiswaan (PPK) BAKA. Sebagai informasi, pada tahun 2019 UK Petra berada di peringkat 53 dan tahun 2020 naik ke peringkat 26. (lad/Aj)

Facebook Comments