SHARE

Apakah kalian tahu bahwa Indonesia memiliki bonus demografi, di mana masyarakat usia produktif lebih tinggi daripada non-produktif? Usia produktif yang jumlahnya banyak ini yaitu Gen Z (1995-2012).

Saat ini Generasi Milenial memasuki masa menikah, berkeluarga, dan dalam dunia kerja sudah layak memasuki jajaran pimpinan bersama Gen X. Kini, saatnya Gen Z yang mulai menyerbu dan mengambil ahli dunia kerja.

Maka dari itu, penting untuk mengenali 7 karakteristik Gen Z di tempat kerja berikut:

  1. Phygital

Ini merupakan gabungan dari fisik (physical) dan digital. Generasi Z lahir dan tumbuh di era digital, beda dengan generasi sebelumnya yang mengenai digital saat tumbuh dewasa. Mereka berinteraksi dan bekerja dalam dua dunia ini dengan baik sehingga cocok dengan budaya berorganisasi terkini.

  1. Hiper Kostumisasi

Gen Z ini merupakan generasi yang selalu berusaha menyesuaikan identitasnya. Kemampuan mereka untuk mengkostumisasi sudah dipahami dan mereka sering memiliki cara sendiri dalam melakukan suatu hal, seperti menguraikan pekerjaannya sendiri dibandingkan mendapat deskripsi pekerjaan yang mainstream.

  1. Realistis

Mereka sudah mengalami masa krisis sejak dini. Karakter realistis menjadikan mereka tidak melihat kehidupan secara muluk-muluk, begitu pun di dunia kerja. Oleh karena itu, lebih baik perusahaan bersikap lebih realistis terhadap hal yang perlu dilakukan oleh Gen Z dengan berfokus pada pengembangan keterampilan untuk menambah skill.

  1. WEconomy

Dengan karakternya yang realistis, salah satu cara Gen Z untuk survive adalah dengan bekerja sama melalui sharing economy untuk misi atau isu-isu sosial (seperti Gojek dan Airbnb) karena mereka peduli akan hal ini.

  1. FOMO (Fear Of Missing Out)

Bangun tidur cek HP? Tandanya gak mau ketinggalan berita yang terjadi selama kita tidur. Gen Z ini merupakan orang yang melek tren dan kompetisi, sehingga mereka orang yang FOMO. Adanya kekhawatiran kurang cepat dan tidak menuju arah yang benar, sehingga mereka sering membanding-bandingkan dan tidak mau ketinggalan, termasuk ketika bekerja.

  1. DIY (Do It Yourself)

“Kalau mau melakukan dengan benar, lakukanlah sendiri.”

Hal ini sangat kuat dalam benak Gen Z. Secara umum, mereka suka melakukan pekerjaan mereka sendiri (gabungan dari karakter realistis dan mandiri).

  1. Kompetitif

Merupakan kaum yang penuh motivasi dan kompetitif, 72% dari generasi Z sangat kompetitif dengan orang yang melakukan pekerjaan yang sama.

Jadi itulah 7 karakter Gen Z di dunia kerja, dan tentu hal ini akan menjadi tantangan tersendiri dengan jumlah mereka yang banyak.

Are you one of the Gen Z?

Maka, inilah saatnya kalian mengenali diri dan generasi kalian!

Ingin cari tahu lebih lengkap mengenai Gen Z at Work? Yuk, tonton WHITESPACE di IG TV @liasidik!

(Gen Z at Work: https://www.instagram.com/tv/CSWeS58FfoA/?utm_source=ig_web_copy_link)

(WHITESPACE: https://liasidik.com/csr/whitespace/)

 

Facebook Comments