SHARE

Zaman sekarang, bisnis online sudah menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati kalangan pengusaha. Hal ini dikarenakan keuntungan bisnis online yang jauh lebih cost effective dan mudah untuk dikelola. Dengan menjual produk melalui platform online, anda tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk perawatan toko atau gudang. Bisnis online juga datang dengan pengelolaan stok dan keuangan yang lebih mudah dilacak.

Menjalani bisnis online sebenarnya susah-susah gampang, karena sudah ada banyak pesaing yang juga memiliki bisnis serupa. Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan berjualan secara online, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Berikut adalah cara jitu untuk memulai bisnis online kamu.

  1. Menentukan produk yang ingin dijual

Langkah awal pembukaan bisnis apapun adalah menentukan produk yang ingin dijual. Kita harus waspada dalam memilih produk, karena memilih produk yang salah bisa menyebabkan kejatuhan bisnis online Anda. Dalam menentukan bisnis, jangan lupa untuk membertimbangkan resiko yang dapat terjadi. Resiko terbesar dalam penjualan produk online adalah pengiriman, Anda harus memastikan produk yang dikirim dapat sampai ke tangan pembeli dengan selamat. Ini berarti Anda harus mencari kurir yang tepat sambil mempertimbangkan daya tahan produk Anda.

  1. Lakukan riset pasar.

Ketika Anda menentukan produk apa yang ingin anda jual, Anda tidak bisa sekedar berkata “Bikin pre-order FnB aja deh!”. Anda harus terlebih dulu melakukan riset FnB apa saja sih yang populer di area penjualan? Tren makanan atau minuman apa yang sedang exist sekarang? Dan lain sebagainya. Riset ini  penting agar Anda punya gambaran yang lebih jelas tentang potensi bisnis Anda.

  1. Pelajari kompetitor Anda.

Setelah mempelajari pasar, Anda juga harus mempelajari kompetitor siapa saja yang dapat menyaingi bisnis Anda. Dengan mengetahui kelemahan dan kelebihan kompetitor, Anda bisa belajar dari kesalahan mereka dan membangun bisnis Anda dengan baik, dan belajar dari kesuksesan mereka.

  1. Tentukan Platform bisnis online

Setelah anda memiliki pondasi yang solid, langkah selanjutnya adalah menentukan platform apa yang ingin Anda gunakan untuk bisnis online Anda. Platform yang Anda pilih sangatlah penting karena platform tersebut dapat menjadi sarana promosi juga. Jika memungkinkan, disarankan juga untuk memiliki multiple platform untuk menjual produk Anda untuk meluaskan capaian bisnis Anda.

  1. Promosi, promosi, dan terus promosi!

Dalam bisnis tidak ada yang namanya terlalu banyak promosi. Banyak sekali metode promosi berbayar atau gratis dalam bisnis yang dapat Anda dilakukan. Mulai dari strategi organik, SEM, SEO, hingga Social Media Ads. Promosi yang baik dapat membuat bisnis Anda lebih dikenal oleh banyak orang.

  1. Jaga pelanggan setia.

Lakukan seasonal discount dan promo untuk menambah repeat customers. Repeat customer inilah yang nantinya akan menjadi pelanggan setia. Banyak cara dapat dilakukan untuk meningkatkan hubungan Anda dengan pelanggan setia. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah memberikan diskon, menawarkan harga promo, bertanya kabar, hingga pemberian bonus tak terduga. Buatlah pelanggan setiamu merasa spesial.

  1. Pertahankan kualitas produk Anda.

Langkah ini merupakan langkah paling penting. Sering kali bisnis online yang bertumbuh besar mengalami penurunan kualitas. Hal ini bisa dikarenakan banyak faktor, dari jumlah pesanan yang sangat besar hingga lalainya pengawasan kualitas. Apapun alasan itu jangan biarkan kualitas barang menurun, bahkan jika mungkin, tingkatkan kualitas produk Anda. Kualitas produk ini bisa jadi pembeda pelanggan Anda berbelanja di bisnis Anda atau bisnis lawan.

Demikian adalah cara Anda dapat memulai bisnis online sendiri. Jika Anda melakukan seluruh cara di atas, bisnis online Anda dijamin akan punya banyak peminat dan menghasilkan keuntungan yang tinggi. Selamat mencoba!

Ingin cari tahu lebih lengkap mengenai topik serupa? Yuk, tonton WHITESPACE di Youtube & IG TV lia s. Associates @liasidik!

Facebook Comments