SHARE

Kaum rebahan, mana suaranya?

Pastinya Anda terkadang merasa terlalu lelah karena pekerjaan dan ingin beristirahat non-stop pada hari Sabtu dan Minggu, atau bahkan tidur seharian. Mungkin juga hal tersebut adalah reward karena telah bekerja keras selama satu minggu. Jika dilakukan sesekali wajar. Tetapi, jika Anda tidur terlalu lama, maka hal tersebut berbahaya bagi tubuh. Hal ini termasuk sedentary lifestyle, di mana lifestyle tersebut bermalas-malasan dan buruk bagi tubuh.

Berikut adalah beberapa hal yang membahayakan jika Anda tidur terlalu lama:

1. Sakit kepala

Mengapa begitu? Ini dikarenakan jika tidur terlalu lama, maka tubuh Anda tidak mendapat cukup cairan atau makanan selama durasi tersebut. Bayangkan jika Anda tidur selama 12 jam, berarti Anda tidak makan atau minum selama 12 jam tersebut. Hal tersebut membuat Anda dehidrasi dan kelaparan ketika Anda bangun.

2. Rasa sakit pada seluruh tubuh

Kondisi ini akan terasa jika Anda tidur di atas kasur yang tidak nyaman. Jika kasur Anda nyaman, maka tubuh Anda akan terasa rileks dan hal ini tidak akan selalu terjadi. Tetapi jika Anda tidur di kasur yang tidak nyaman (keras misalnya) atau bahkan di lantai, maka tubuh Anda tidak akan merasa rileks ketika tidur dan merasa lebih lelah ketika Anda bangun, dengan sakit di tulang-tulang Anda.

3. Risiko terkena lebih banyak penyakit

Jika Anda tidur berlebihan, maka siklus tidur Anda akan terganggu. Ini akan menyebabkan tubuh Anda bekerja di dalam waktu yang tidak tepat dan terkadang pun akan bekerja lebih keras. Ini menyebabkan tubuh Anda lebih sering terkena penyakit di bagian organ, seperti penyakit jantung, stroke, dan masih banyak lagi.

4. Depresi dan cemas

Terkadang Anda ingin tidur lebih banyak karena Anda cemas akan beberapa hal, atau mungkin Anda merasa depresi dan hanya ingin tidur. Tetapi, kebalikannya akan terjadi. Ketika Anda bangun, Anda masih akan merasa cemas dan depresi. Bahkan, perasaan tersebut bisa saja makin bertambah. Jika hal ini sering terjadi, maka lebih baik Anda pergi ke psikolog atau psikiater.

Terkadang tidur berlebihan terdengar enak untuk dilakukan. Tetapi, hal tersebut justru mempunyai banyak efek samping yang membahayakan bagi tubuh. Lebih baik Anda membagi waktu beristirahat Anda lebih seimbang daripada menaruhnya pada satu waktu.

Sleeping is important, but oversleeping isn’t good for your health.

Ingin cari tahu lebih lengkap mengenai topik serupa?Check out WHITESPACE! di Youtube & IG TV lia s. Associates @liasidik!

 

Facebook Comments