SHARE

Teknologi sudah menjadi satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Bahkan bisa dibilang kita sangat bergantung pada teknologi untuk hidup nyaman. Meski kebanyakan orangĀ  sangat pro-technology, banyak juga orang di luar sana yang menganggap bahwa teknologi telah membawa dampak negatif di kehidupan kita. Oleh karena itu, mari kita bahas bersama tentang teknologi dan dampaknya pada kehidupan kita.

Teknologi selalu menjadi pencetus dalam perubahan, tetapi isu tentang apakah perubahan yang dibawah itu baik atau buruk selalu menjadi bahan perdebatan. Beberapa orang berkata bahwa teknologi telah mengubah dunia menjadi lebih buruk, sementara yang lain berkata sebaliknya. Teknologi telah membuat hidup kita lebih nyaman. Penggunaan gadget dan peralatan elektronik telah membuat aktifitas sehari-hari lebih mudah.

Penerapan teknologi dalam kehidupan sehari-hari pun sudah sangat beragam, mulai dari komunikasi, transportasi, pendidikan, hingga penggunaan tenaga kerja, terutama pada industri pengolahan dan manufaktur. Contohnya, saat ini, transportasi sudah semakin canggih, dari sistem auto-drive dan Artificial Intelligence (AI) yang ada pada kendaraan demi kenyamanan dan keamanan transportasi Anda.

Teknologi memiliki pengaruh terhadap kehidupan kita, ada juga yang mengatakan bahwa teknologi dapat merugikan kehidupan manusia. Mereka yang anti teknologi percaya bahwa teknologi telah membunuh kreativitas kita dan menghambat kemajuan. Salah satu argumen kuat untuk hilangnya kreativitas meningkatnya kasus plagiarisme akibat banyaknya data dan template yang bersirkulasi di internet, Hal ini dapat menimbulkan hilangnya kreativitas. Meskipun kita tidak dapat menyangkal pada kasus konten plagiarisme tersebut, kasus tersebut bukanlah norma.

Meski dengan semua data dan template yang tersedia bebas, kita akan tetap membutuhkan inovasi dan kreativitas untuk mengetahui apa yang harus dilakukan data tersebut. Inovasi teknologi itu sendiri membutuhkan pemikiran kreatif untuk diwujudkan. Jika tidak ada kreativitas, sekarang mungkin kita tidak akan memiliki raksasa teknologi sepertiĀ  Google, YouTube, atau Grab. Bahkan ketika orang terpaku menatap layar gadget, bukan berarti kreativitas tidak ada. Orang-orang dapat bertukar ide dengan orang lain dari seluruh dunia untuk menghasilkan ide-ide kreatif. Jika teknologi menghilangkan kreativitas maka kita masih akan terjebak di Dark Age, tetapi pada kenyataan saat ini kita berada di masyarakat 5.0 dan perkembangan ini tidak akan berhenti di sini.

Kesimpulannya, teknologi telah membuat dunia menjadi tempat tinggal yang lebih baik karena teknologi telah membuat kehidupan orang lebih nyaman dan membuat pendidikan lebih mudah diakses. Dari peralatan yang dapat membuat hidup orang lebih mudah, hingga sistem digital yang terhubung yang memfasilitasi pembelajaran bagi semua orang, semuanya dapat tercapai dengan teknologi. Pada akhir hari, teknologi lah yang menyederhanakan dan memudahkan hidup kita.

Ingin cari tahu lebih lengkap mengenai topik serupa? Check out WHITESPACE! di Youtube & IG TV lia s. Associates @liasidik!

Facebook Comments